177 Sarjana FIP UNG siap Diwisuda

Oleh: Fachrizal Nursyamsu, S.IP . 26 Februari 2020 . 09:49:29

UNG – Sebanyak 177 orang calon wisudawan dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengikuti Ramah Tamah Lulusan Sarjana Periode Februari 2020, pada Selasa (25/2) pagi bertempat di Belle Li Mbui Kota Gorontalo. Kegiatan Ramah Tamah ini juga dirangkaikan dengan penanandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) atau perjanjian kerja sama antara FIP UNG dengan Dinas Pendidikan se-Provinsi Gorontalo, serta Orasi Ilmiah oleh Dr. Asni Ilham dengan judul Mendidik Anak dengan Cinta.

Ketua Panitia, Dr. Candra Cuga mengatakan pada periode wisuda ini terdapat 15 Sarjana program akseleratif dengan waktu penyelesaian studi 3,5 tahun dan mendapatkan predikat Pujian. Lulusan terbaik FIP periode ini direbut oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) atas nama Nella Dasingsingon dengan IPK 3,81 dengan predikat Pujian. Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato Drs. Rudi Dainunu mengatakan kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan gagasan dan aksi yang cerdas dilakukan oleh Dekan FIP, karena nantinya 177 lulusan Sarjana Pendidikan ini akan terjun ke tengah masyarakat terutama di Sekolah-Sekolah.

Sementara itu, Dr. Asni Ilham dalam orasi ilmiahnya menjelaskan pentingnya dan peran sentral dari kedua orang tua dan guru bagi perkembangan dan pendidikan anak. Orang tua di rumah sebagai guru, sahabat, pendengar dan contoh teladan bagi anak-anaknya. Begitu pula guru di sekolah menjadi orang tua kedua bagi anak, ditambah memberikan ilmu dan pengetahuan formal untuk peningkatan kecerdasan anak selama belajar di sekolah.

Dekan FIP, Dr. Arwildayanto mengatakan acara ramah tamah lulusan sarjana FIP kali ini sangat spesial karena dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara FIP UNG dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo. “Hari ini kami mendapatkan kebahagiaan tersendiri, karena acara ramah tamah hari ini dihadiri oleh lima orang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo sebagai wujud rasa hormat, penghargaan dan ketulusan membangun sumber daya manusia di Provinsi Gorontalo,” ujar Dr. Arwildayanto.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Karmila Machmud, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Dekan FIP atas langkah cepat terkait penandatanganan MoU dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo. “Langkah cepat yang dilakukan Dekan FIP merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani antara Rektor UNG dengan Pemerintah Daerah yang ada di Provinsi Gorontalo, tentunya akan semakin memperkuat komitmen dan hal-hal teknis kerja sama ini di tingkatan Fakultas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda,” ujar Karmila, Ph.D. Sedangkan kepada para Sarjana FIP memberi pesan untuk selalu menjaga nama baik almamater, keluarga dan pribadi serta dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh selama kuliah di Kampus ke tengah-tengah masyarakat. “Hari ini bukanah akhir dari perjalanan kalian, tetapi merupakan langkah awal yang penting untuk bermanfaat bagi masyarakat dan negara. Bunga yang harum tidak akan mampu menahan tiupan angin, tetapi harumnya ilmu pengetahuan yang ditebarkan akan menyebar ke seluruh negeri,” tutup Karmila, Ph.D (Hms)

 

SAMBUTAN. Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto memberikan sambutan dan motivasi kepada para Sarjana FIP pada acara Ramah Tamah Lulusan Sarjana FIP UNG Periode Februari 2020 yang bertempat di Bele li Mbui Kota Gorontalo, Selasa (25/2) pagi.

Agenda

3 Maret 2020

Pembinaa Etos Kerja Pegawai FIP

Apel Kerja yang rutin dilaksanakan di lingkungan FIP yang dilakukan rutin setiap bulan

25 Februari 2020

Ramah Tamah Sarjana Lulusan Sarjana FIP

Acara Ramah Tamah Lulusan FIP Periode Februari 2020 yang dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU antara FIP - Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se Provinsi Gorontalo

12 Februari 2020

Apel Kerja FIP

Apel Kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNG dihadiri Dekan dan Wakil Dekan II, Kepala Bagian, Kasubbag dan Pegawai

21 Januari 2020

Kuliah Umum

Kuliah Umum mengawali Semester Genap TA 2019/2020 di lingkungan FIP UNG bertempat di Auditorium UNG