Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD. Dekan FIP : Ikhtiar Maksimal, Insyaa Allah Beroleh Nilai Maksimal

Oleh: Fachrizal Nursyamsu . 2 Oktober 2020 . 12:44:32

UNG - Kualitas dan mutu dari Program Studi (Prodi) kerap diukur dengan nilai Akreditasi. Karena di Prodi tersebut sudah mendapat penilaian dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) untuk menyandang predikat nilai tertentu, terkait dengan seluruh hal dan kegiatan yang ada pada Prodi tersebut. Tentunya semua Prodi yang ada berupaya semaksimal mungkin mendapatkan predikat Nilai A. sama halnya dengan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Grorontalo (UNG) yang sedang dilakukan Asesmen Lapangan yang dilakukan oleh Asesor BAN PT, pada Jumat (2/10) pagi sampai dengan esok hari. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, Dr. Harto Malik, M.Hum, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) UNG, Prof. Dr. Ansar, Dekan FIP, para Wakil Dekan, Pimpinan Prodi PGSD, Dosen, Pegawai, mahasiswa dan alumni.

Namun, ada yang berbeda dengan pelaksanaan Asesmen Lapangan kali ini, yakni seluruh kegiatan dilakukan menggunakan metode Dalam Jaringan (Daring), dengan menggunakan smartphone dan laptop serta fasilitas aplikasi Zoom. Terlihat, pada hari pertama sejak pukul 08.00 Wita, lebih dari 3 jam pada hari pertama, Pimpinan FIP dan Pimpinan Jurusan PGSD menjelaskan kondisi dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di Jurusan PGSD dan FIP.

Di hadapan 2 Asesor BAP PT, yakni Dr. Asep Supena, M.Psi dan Dr. Parwoto, M.Pd, Ketua Prodi PGSD FIP UNG, Dr. Candra Cuga bersama Sekretaris Prodi, Muhammad Sarlin, M.Pd serta beberapa orang Dosen dan mahasiswa, dengan penuh semangat memperkenalkan para Dosen Prodi PGSD, dan menjelajahi setiap ruangan yang dimulai di Gedung Prodi PGSD (eks Fakultas Ekonomi) di Lantai 1 dan  3. Menunjukan berbagai fasilitas yang ada di Gedung tersebut yaitu, Aula pertemuan, Perpustakaan Prodi, Laboratorium, Studio Multimedia, Ruang Arsip, Mushola, Ruang Dosen, Ruang Operator, Ruang Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, dan yang paling menarik adalah Ruang Pusat Studi Lembaga Kajian Sekolah dan Masyarakat yang banyak berperan dalam melahirkan Peraturan Gubernur tentang pengembangan literasi di Provinsi Gorontalo.

Berlanjut di Gedung Perkuliahan Prodi PGSD, yang terdapat 12 ruang kelas, dan Pusat Kewirausahaan Mahasiswa yang menjual berbagai produk hasil karya mahasiswa Prodi PGSD. Lalu dilanjutkan ke Gedung utama Kantor Dekanat FIP,  yang di halaman dan tamannya penuh ditumbuhi pepohonan rindang, dan sebuah kolam air mancur yang menambah kecantikan taman dan menyegarkan pandangan mata.   

Sekretaris Prodi PGSD, Muhamad Sarlin, M.Pd menjelaskan kegiatan persiapan Akreditasi Prodi PGSD sudah dilakukan sejak awal tahun 2019, yang kemudian mengirimkan borang pada Maret 2019 lalu, yang masih ada beberapa hal eperlu ditambah dan dilengkapi lagi, kemudian dikirimkan kembali ke BAN PT. “Persiapan dari awal sampai dengan hari ini sudah sangat maksimal, mulai dari mempersiapkan bukti fisik baik softcopy maupun hardcopy, penataan setiap ruangan, dan sampai dengan hari ini sampai besok hari, Alhamdulillah seluruh Dosen, Pegawai, Mahasiswa dan didukung Pimpinan UNG dan FIP beserta jajarannya kami bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan matang,” ungkap Muhamad Sarlin, M.Pd.

Ketua Prodi PGSD, Dr. Candra Cuga juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh pihak sehingga kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD hari ini dapat terlaksana. “Saya sampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak yang terlibat, terutama Pimpinan UNG dan Pimpinan FIP dan seluruh Dosen, pegawai dan mahasiswa Prodi PGSD, mudah-mudahan seluruh upaya dan kerja keras kita selama ini beroleh hasil yang maksimal, yakni mendapatkan Nilai Akreditasi A,” doa Dr. Candra.

Sementara itu Dekan FIP, Dr. Arwildayanto mengatakan untuk menyukseskan Asesmen Lapangan Prodi PGSD sudah dilakukan persiapan matang dan ikhtiar semaksimal mungkin, mulai dari persiapan sarana-prasarana hingga tata kelola yang sesuai dengan Standar Borang. “Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah bekerjasama mempersiapkan kegiatan ini, yakni Bapak Rektor dan para Wakil Rektor, Ketua LPPPM UNG, UPT, Mitra Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se Provinsi Gorontalo dan Bolaang Mongondow. Semoga dengan adanya kerjasama yang baik ini kita dapat mewujudkan Prodi PGSD yang semakin unggul dan berdaya saing,” jelas Dekan FIP.

Dr. Arwildayanto juga menambahkan bahwa seluruh dokumen Borang yang sudah dikirimkan dipastikan sudah siap bukti fisik dan seluruh data pendukung, bila nantinya masih ada kekurangan yang mungkin tidak disengaja, Dekan berharap dapat dimaklumi. “Seluruh ikhtiar sudah kami lakukan, semoga semua yang kami persiapkan pada Asesmen Lapangan Prodi PGSD ini, bisa menambah keyakinan Asesor dalam mempertimbangkan Prodi PGSD ini sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal, yakni memperoleh predikat Akreditasi A,” harap Dekan FIP. (Hms)

 

ASESMEN LAPANGAN. Kegiatan Asesmen Lapangan dalam rangka Akreditasi Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNG, yang bertempat di Aula Gedung Prodi PGSD (eks Fakultas Ekonomi) yang memanfaatkan metode Dalam Jaringan (Daring), pada Jumat (2/10) pagi.  

Agenda

1 Desember 2020

Pelatihan Pengelolaan Website Unite Kerja Melalui Content Management System WEBMASTER UNG

Oleh UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo di Ball Room Hotel Damhil

21 - 22 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PLS

oleh Asesor BAN PT : Dr. Budi Susetyo, M.Pd dan Prof. Dr. Rusdinal,. M.Pd

6 Oktober 2020

Seleksi Kajur, Dosen & Tenaga Kependidikan Berprestasi FIP

Seleksi tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan UNG

2 - 3 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD

Oleh Dr. Asep Supena, M.Si & Dr. Parwoto, M.Pd