Awal Pelatihan Jurnalistik, Hadirkan Jurnalis Hebat

Oleh: Fachrizal Nursyamsu, S.IP . 11 Maret 2020 . 08:18:31

UNG – Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mendapatkan kesempatan emas dan sangat bermanfaat, dengan mengikuti Kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang disampaikan oleh para sumber Jurnalis hebat di Provinsi Gorontalo, yang dilaksanakan Selasa (10/3) di Aula Kantor FIP UNG.  

Pemateri yang hadir yaitu Wakil Direktur Gorontalo Post, Femmy Udoki dengan materi Manajemen Pers. Pemimpin Redaksi Gorontalo Post, Jitro Paputungan dengan materi Teknik Menulis Berita dan Wawancara. Direktur Media Online barakati.id, Ronald S, Bidjuni dengan materi Fotografi Jurnalistik. Dan Reporter CNN Indonesia TV Ajis Halid dengan materi Jurnalistik Televisi.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik mahasiswa ini dihadiri oleh 28 orang mahasiswa perwakilan dari lima Jurusan/Program Studi yang ada di lingkungan FIP UNG dan dirangkaikan dengan penandatanganan “Memorandum of Understanding” (MoU) antara FIP dengan Gorontalo Post dan Media Online barakati.id.

Kegiatan ini bertajuk “Simak, Pahami, Tuangkan, Publikasikan” berlangsung selama 9 jam ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa FIP sehinga semakin unggul dan berdaya saing, tidak hanya paham mengenai seluk beluk dunia pendidikan. Ditambah lagi untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan jurnalistik mahasiswa, serta sebagai karir alternative bagi mahasiswa setelah lulus nanti.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Rustam Husain mengatakan kegiatan ini adalah implementasi dari visi-misi Rektor UNG untuk meningkatkan kemampuan lulusan yang unggul dan berdaya saing. “Kami harapkan lulusan FIP tidak hanya berorientasi menjadi guru, tetapi bisa memilih karir di bidang jurnalistik dengan menuangkan idea tau gagasan melalui tulisan, artikel dan berita,” jelas Dr. Rustam.

Dekan FIP, Dr. Arwildayanto yang membuka langsung kegiatan ini mengatakan ini adalah momen yang sangat berharga dan ditunggu-tunggu oleh sivitas akademika UNG, seuai amanat dari mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, yang mencetuskan “Merdeka Belajar”, mahasiswa saat ini memerlukan kompetensi yang beragam dengan mendapatkan berbagai sumber belajar yang luas sesuai dengan bakat dan minat maahasiswa, serta harus dipersiapkan karir alternative selain ilmu yang didapatkan di kampus. “Mudah-mudahan peserta pelatihan jurnalistik ini dapat lebih mengembangkan minat dan kemampuan menulis serta dapat memilih karir alternative menjadi jurnalis atau wartawan di berbagia Media,” ungkap Dekan FIP.

Wakil Direktur Gorontalo Post,Femmy Udoki dalam materi awal menjelaskan seluk-beluk manajemen media massa, khususnya Gorontalo Post yang tetap eksis selama 20 tahun di Provinsi Gorontalo. “Gorontalo Post tetap eksis ditengah beragamnya jenis media yang ada saat ini, dengan mengedepankan berita yang mengangkat kearifan local kepada pembaca setianya,” terang Femmy.

Selanjutnya, Pemimpin Redaksi Gorontalo Post, Jitro Paputungan mengupas lebih dalam terkait teknis penulisan berita dan wawancara. Dengan membahas 5W + 1 H, jenis wawancara, jenis berita, penulisan berita dengan metode piramidat erbalik, dan hal-hal teknis terkait penulisan berita dan profesi wartawan dalam menjalan kanfungsinya sebagai kontrol sosial. “Awal yang berat dalam menulis berita memang menjadi tantangan pertama yang harus dilewati, caranya adalah pahami isu yang akan ditulis, lengkapi data dan konfirmasi nara sumber dengan mencatat dan merekam, kemudian tulislah dengan jujur sesuai apa yang dlihat dan didengar,” terang Jitro.

Materi Foto Jurnalistik dibahas oleh Ronal S. Bidjuni, Direktur Media online barakati.id yang menjelaskan fungsi, syarat, teknik fotojurnalistik, dan keunggulan dalam foto sebagai berita dalam bentuk gambar. “kita harus lebih selektif dalam memilih foto yang akan ditampilkan, harus memenuhi kaidah jurnalisme dan norma-norma yang berlaku di masyarakat,” jelas Ronali.

Nara sumber terakhir, Reporter CNN Indonesia TV, Ajis Halid menjelaskan teknis dan alur kerja reporter TV dari awal persiapan peliputan hingga berita ditayangkan di TV. “Banyak tahapan yang harus dilalui dalam peliputan di media TV, mulai dari peralatan wajib, peralatan pendukung serta teknik pengambilan gambar dan control suara dalam peliputan, proses editing video sehingga menghasilkan karya jurnalistik yang menarik,” ungkap Ajis. (Hms FIP/ AHP, TWH, SII, AT, YD, FY, YM, FH, PD)

 

DEKAN FIP, Dr. Arwildayanto memberikan arahan dan membuka kegiatan Pelatihan Jurnalistik Praktis Mahasiswa FIP UNG, di Aula Kantor FIP, Selasa (10/2) pagi.

 

Agenda

3 Maret 2020

Pembinaa Etos Kerja Pegawai FIP

Apel Kerja yang rutin dilaksanakan di lingkungan FIP yang dilakukan rutin setiap bulan

25 Februari 2020

Ramah Tamah Sarjana Lulusan Sarjana FIP

Acara Ramah Tamah Lulusan FIP Periode Februari 2020 yang dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU antara FIP - Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se Provinsi Gorontalo

12 Februari 2020

Apel Kerja FIP

Apel Kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNG dihadiri Dekan dan Wakil Dekan II, Kepala Bagian, Kasubbag dan Pegawai

21 Januari 2020

Kuliah Umum

Kuliah Umum mengawali Semester Genap TA 2019/2020 di lingkungan FIP UNG bertempat di Auditorium UNG