FIP UNG Jalin Kerjasama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 23 Juni 2021 . 06:41:47

Gorontalo – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo pada Selasa, 22 Juni 2021, bertempat di Aula Fakultas ilmu Pendidikan mendapatkan kunjungan kerja dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Kunjungan kerja yang dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Agreement (MoA) tentang “Program Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat” ini dilakukan oleh Dr. Lukman Arsyad, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo dan Dr. Arwildayanto, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.

Melalui MoA ini, Arwildayanto berharap dalam momen yang special ini bisa bekerjasma, berkolaborasi dalam rangka membangun simbiosis mutualisme dalam memajukan lembaga masing-masing di dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bidang lainnya yang disepakati bersama. Arwildayanto mengatakan “tahun ini FIP mempunyai program yang namanya penelitian join research antar Universitas yang dibiayai oleh dana BLU FIP UNG, di tahun berikut dana penelitian join research ini akan diperbesar anggarannya untuk menaikkan indeks kinerja utama UNG, karena semakin banyak penelitian yang dilaksanakan antar perguruan tinggi termasuk yang melibatkan mahasiswa, akan meningkatkan kinerja utama perguruan tinggi tersebut”. Ungkapnya

Lebih lanjut lagi, Arwildayanto berharap bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bersama Fakultas Ilmu Tarbiyah, tentang bagaimana meredam radikalisme di Gorontalo, sehingga pemikiran-pemikiran yang lebih moderat, lebih toleran terhadap perbedaan bisa dibangun bersama, IAIN dapat memberikan pengetahuan-pengetahuan tersebut sehingga bibit-bibit radikalisme bisa diminimumkan. Kemudian dalam bidang pengabdian masyarakat, FIP juga punya program yang namanya bina desa, yang bisa dilakukan secara bersama-sama bagaimana membangun desa menjadi maju melalui sektor pendidikan terutama di kawasan Teluk Tomini. Melalui kerjasama dengan dosen-dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN, Arwildayanto berharap “dapat melakukan pendekatan-pendekatan yang religious kepada masyarakat melalui dakwah, karena melalui dakwah akan mudah mendekatkan diri, mudah meyakinkan masyarakat, bagaimana merubah masyarakat, dan bagaimana mengajarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan, akan pentingnya kemajuan dan peradaban tingkat tinggi. Melalui kolaborasi ini, “bagaimana kita bisa mengelaborasi nilai-nilai adat bersendikan sara, sara bersendikan kitabullah sebagai falsafah masyarakat Gorontalo dapat tersosialisasikan dengan baik”, tuturnya.

Sementara itu, kerjasama dalam meningkatkan pembelajaran melalui students exchange, Arwildayanto dengan tangan terbuka dan senang hati menerima tawaran program tersebut, karena di FIP juga memang sudah lama melaksanakan program tersebut bersama Perguruan Tinggi di daerah lain. Fakultas Ilmu Tarbiyah bisa melakukan pembelajaran kolaboratif dengan mahasiswa FIP melalui stundents exchange yaitu mahasiswa FIP bisa  mengambil mata kuliah di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN, sebaliknya mahasiswa IAIN dapat mengambil mata kuliah di Fakultas Ilmu Pendidikan UNG, dan FIP UNG juga sudah memiliki sistim informasi akademik yang bagus, yang nilainya bisa langsung dilihat dan dimasukkan ke dalam sistim tersebut. Semoga dengan perjanjian kerjasama dapat mampu memanfaatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk pengembangan sumber daya pendidikan yang efektif dan efisien. (Humas FIP)

Agenda

29 Juli 2021

Kegiatan Refleksi dan Evaluasi Permata Jurusan BK FIP Universitas Negeri Semarang

-

10 Juli 2021

Yudisium Akhir Program Jurusan Manajemen Pendidiikan

Dilaksanakan di Rumah Marly Gorontalo

7 Juli 2021

Visitasi Audit Mutu Internal di Fakultas Ilmu Pendidikan

-

2 Juli 2021

Rapat Pengelola PEDAGOGIKA TV FIP UNG

-