FIP UNG Perkuat Kemitraan Kawasan Teluk Tomini dengan FKIP Unismuh Luwuk

Oleh: Fachrizal Nursyamsu . 13 Januari 2020 . 11:40:00

UNG – Kawasan Teluk Tomini yang merupakan potensi besar di 3 Provinsi yakni Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah dan 14 Kabupaten/Kota perlu mendapat perhatian serius. Hal ini mendapat respon cepat dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dengan terus menggagas kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk (Unismuh Luwuk) pada Kamis (26/12) lalu di Kampus Unismuh Luwuk Sulawesi Tengah. Penandatanganan Kerjasama antara dua Fakultas ini diawali dengan kerjasama dua Pimpinan Perguruan Tinggi antara Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Muhammadiyah Luwuk.

Kerjasama ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto mengatakan ketiga hal dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut akan melibatkan dosen dan mahasiswa dari FIP UNG dan FKIP Unismuh Luwuk. “Dalam bidang pendidikan kita akan melakukan pembinaan kepada Dosen FKIP Unismuh Luwuk yang akan studi lanjut jenjang Strata Dua dan Strata Tiga. Sedangkan bidang penelitian akan bekerjama dengan fokus kajian yang berhubungan di kawasan teluk tomini dengan fokus pendidikan di bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Manajemen Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Dan untuk bidang Pengabdian kepada masyarakat, kita akan melakukan program Desa Binaan di Kabupaten Luwuk, diawali dengan 1 atau 2 desa dan mengambil waktu pada saat libur semester sehingga tidak mengganggu perkuliahan”, terang Dekan FIP UNG.

Lebih lanjut, Dr. Arwildayanto juga menambahkan kerjasama in imerupakan wujud Komitmen FIP UNG pada akhir tahun lalu yang menjadikan Kawasan Teluk Tomini yang kaya akan potensi di dalamnya sebagai fokus pengembangan khusunya di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). “Khususnya Jurusan PG PAUD akan melakukan kajian atau riset terkait pendidikan untuk ibu dan anak di kawasan pesisir, sehingga dapat meningkatkan kesehatan, kebersihan dan kesejahteraan. Dan semoga kerjasama ini dan seluruh kegiatan yang termasuk di dalamnya untuk memperkuat kawasan teluk tomini semakin meningkatkan nilai akreditasi FIP UNG khususnya”, tutup Dekan FIP UNG. (Hms)

DEKAN FIP UNG, Dr. Arwildayanto, M.Pd berjabat tangan dengan Dekan FKIP Unismuh Luwuk, Armin Haluti, M.Pd usai penandatanganan Nota Kerjasama untuk memperkuat Pembangunan dan Pengembangan SDM di Kawasan Teluk Tomini (26/12) di Kabupaten Luwuk.

 

 

Agenda

1 Desember 2020

Pelatihan Pengelolaan Website Unite Kerja Melalui Content Management System WEBMASTER UNG

Oleh UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo di Ball Room Hotel Damhil

21 - 22 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PLS

oleh Asesor BAN PT : Dr. Budi Susetyo, M.Pd dan Prof. Dr. Rusdinal,. M.Pd

6 Oktober 2020

Seleksi Kajur, Dosen & Tenaga Kependidikan Berprestasi FIP

Seleksi tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan UNG

2 - 3 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD

Oleh Dr. Asep Supena, M.Si & Dr. Parwoto, M.Pd