FIP UNG Siap Menjadi Pilot Project Pembangunan SDM di Kawasan Teluk Tomini

Oleh: Fachrizal Nursyamsu . 16 Desember 2019 . 16:46:00

UNG – Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di kawasan Teluk terbesar di Indonesia Teluk Tomini, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memiliki peranan penting dalam membangun dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di 14 Kabupaten/ Kota, dan 3 Provinsi di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Potensi inilah yang akan menjadi fokus pengembangan kualitas lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNG untuk menyusun Rencana Strategi (Renstra) Tahun 2020 - 2024 dalam kegiatan Workshop dan Musyawarah Kerja (Musker) yang dilaksanakan Sabtu (14/2) di Kota Gorontalo. Kegiatan ini akan menghasilkan dokumen Renstra yang menjadi acuan program dan kegiatan yang akan dilakukan selama 5 tahun ke depan.

Dekan FIP, Dr Arwildayanto mengatakan dalam kegiatan Workshop dan Musker ini merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai wadah musyawarah seluruh dosen dan pegawai untuk menyampaikan masukan dan evaluasi terhadap program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan serta yang akan dilaksanakan selama 5 tahun ke depan. “Kami menyampaikan terima kasih atas seluruh tanggapan dan respon seluruh peserta Musker atas berbagai atensinya untuk kemajuan FIP UNG ke depan yang lebih baik, terlebih dalam mengembangkan SDM di kawasan Teluk Tomini”, ujar Dekan FIP.

Sementara itu Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok dalam sambutannya mengatakan program kerja di tingkat Fakultas harus memuat 4 Pilar yang tercakup dalam Visi Misi Rektor 2019, yaitu : Akreditasi dalam pencapaian kualitas pendidikan, kualitas penelitian dan pengabdian, kerja sama dalam dan luar negeri, dan peningkatan kualitas lulusan. “Ada dua hal utama yang harus lebih diperkuat oleh FIP, yaitu lulusan S1 FIP UNG harus setara kualitasnya dengan LPTK terbaik di Indonesia dan bagaimana caranya agar seluruh kemampuan, keahlian serta bakat mahasiswa FIP semakin terasah dan meningkat sehingga mampu bersaing di dunia kerja setelah lulus nanti” jelas Rektor UNG. Dengan banyak potensi dan SDM yang cukup baik tersedia di FIP, Rektor UNG optimis FIP mampu memberikan kontribusi terbaik khususnya mempersiapkan dan membangun SDM di kawasan Teluk Tomini yang sangat memerlukan SDM yang terbaik dan berkualitas untuk pembangunan kawasan tersebut.

Usai kegiatan tersebut, Dekan FIP menyambut positif dan siap berkontribusi untuk pengembangan dan pembangunan SDM di kawasan teluk tomini khususnya. “Kita arahkan lokasi penelitian dan pengabdian di kawasan teluk tomini, bermitra dengan beberapa desa yang nantinya akan menjadi desa binaan, dan juga mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk kemajuan kawasan tersebut”, jelas Dekan FIP, Dr. Arwildayanto.

Lebih jauh, Dekan menambahkan FIP akan menjadi pilot project dengan dukungan dosen-dosen yang ahli di bidang pendidikan, akan membuat suatu road map kepakaran yang nantinya akan memetakan secara menyeluruh desa-desa yang potensi untuk dikembangkan sehinga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah daerah. “Sudah ada beberapa kerja sama yang sudah berjalan hingga sekarang yaitu Kerja sama Utara-Utara di kawasan teluk tomini, di Kabupaten Banggai dan Luwuk, Kabupaten Bolmong Utara dan Kabupaten Bolmong Selatan”, tutup Dr. Arwildayanto. (Hms)

 

DEKAN FIP memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Workshop dan Musyawarah Kerja Penyusunan Renstra tahun 2020 - 2024 di Kota Gorontalo, Sabtu (14/12).

 

Agenda

1 Desember 2020

Pelatihan Pengelolaan Website Unite Kerja Melalui Content Management System WEBMASTER UNG

Oleh UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo di Ball Room Hotel Damhil

21 - 22 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PLS

oleh Asesor BAN PT : Dr. Budi Susetyo, M.Pd dan Prof. Dr. Rusdinal,. M.Pd

6 Oktober 2020

Seleksi Kajur, Dosen & Tenaga Kependidikan Berprestasi FIP

Seleksi tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan UNG

2 - 3 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD

Oleh Dr. Asep Supena, M.Si & Dr. Parwoto, M.Pd