Hari ini, Kegiatan Asesmen Lapangan Prodi PLS Dimulai

Oleh: Fachrizal Nursyamsu . 21 Oktober 2020 . 15:16:06

UNG - Komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus ditunjukan. Setelah beberapa hari lalu Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melakukan Asesmen Lapangan, hari ini Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) melakukan hal yang sama. Kegiatan ini dilakukan menggunakan fasilitas Dalam Jaringan (Daring) selama dua hari, hari ini (21/10) sampai dengan besok hari (22/10), dengan mengambil tempat di Aula Kantor Prodi PLS (eks Fakultas Ekonomi). Terlihat Ketua dan Sekretaris Prodi, bersama-sama Dosen, mahasiswa, Pegawai dan alumni di lingkungan Prodi PLS berada di Aula Prodi tersebut, dengan Dua orang asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban PT) tentunya secara virtual, yakni Dr. Budi Susetyo, M.Pd dan Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, Dr. Harto Malik mengatakan pimpinan memberikan dukungan dan kebijakan untuk pengembangan atmosfir akademik dan peningkatan mutu SDM melalui berbagai kegiatan dan layanan yang mendukung peningkatan kualitas. “Terlebih di Fakultas Ilmu Pendidikan saat ini sudah hampir seluruh Prodi mendapatkan nilai Akreditasi A, Prodi PGSD yang terakhir dalam waktu belum lama ini. Tentunya seluruh Borang yang telah dikirimkan sudah dipersiapkan dengan baik, sesuai kondisi yang ada di Prodi PLS dan Fakultas Ilmu Pendidikan,” ujar Dr. Harto Malik.

Di Gedung terpisah, di Aula Kantor FIP, Dekan FIP, bersama para Wakil Dekan, Kepala Bagian TU, para Kasubag, dan Pegawai mempersiapkan diri terkait Borang Fakultas. Dekan FIP, Dr. Arwildayanto mengatakan untuk mensukseskan Asesmen Lapangan Prodi PLS sudah dilakukan persiapan dengan baik, mulai dari persiapan sarana-prasarana hingga tata kelola yang sesuai dengan Standar Borang. “Melihat Sumber daya Manusia yang sudah sangat baik di Prodi PLS, banyak Guru Besar dan Dosen yang tentunya memberikan kontribusi positif bagi pengembangan keilmuan dan masukan bagi pembuatan kebijakan Pemerintah Daerah terkait pendidikan masyarakat. Sehingga mudah-mudahan hal ini akan memberikan penilaian positif bagi Prodi PLS sehingga dapat meraih Predikat Akreditas A,” jelas Dekan FIP.

Sementara itu, Ketua Prodi PLS, Dr. Ummysalam A. Duludu mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk mensukseskan asesmen lapangan ini, dengan melengkapi kekurangan yang ada di Borang dan mempersiapkan bukti fisik, dengan dukungan penuh dari Dosen, Pegawai, pimpinan FIP dan UNG. “Semoga asesmen lapangan Prodi PLS yang akan berlangsung hingga esok hari, dapat berjalan dengan baik, serta sukses mendapatkan predikat Akreditas maksimal,” terang Dr. Ummysalam.

Sekretaris Prodi PLS, Rapi Djuko, M.Pd  beserta seorang Dosen PLS, Yakob Napu, M.Pd menjelaskan pula berbagai kegiatan baik lingkup nasional maupun internasional yang pernah diikuti oleh beberapa Dosen PLS, seperti Seminar dan Diklat. “Berbagai kegiatan di masyarakat juga merupakan kolaboratif antara Dosen dan mahasiswa PLS dengan berbagai mitra diantaranya Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo, Pemerintah Desa, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BP PAUD), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP),” terang Rapi Djuko, M.Pd. Ditambahkan pula oleh Yakob Napu, M.Pd bahwa ilmu yang diberikan kepada mahasiswa PLS  bersifat general, sehingga lulusan PLS memiliki pengetahuan yang luas walaupun tidak secara mendalam. “Dengan banyak mata kuliah bersifat general inilah yang membekali mahasiswa, sehingga setelah lulus nanti bisa menjadi pengusaha dan sektor swasta. Hal ini dikarenakan lulusan PLS banyak dibekali dengan materi dalam pemecahan masalah dan berpikir kritis terhadap berbagai persoalan,” ungkap Yakob Napu, M.Pd (Hms)

 

ASESMEN LAPANGAN. Kegiatan Asesmen Lapangan dalam rangka Akreditasi Prodi PLS Fakultas Ilmu Pendidikan UNG, yang bertempat di Aula Gedung Prodi PLS (eks Fakultas Ekonomi UNG), pada Rabu (21/10) pagi. 

Agenda

1 Desember 2020

Pelatihan Pengelolaan Website Unite Kerja Melalui Content Management System WEBMASTER UNG

Oleh UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo di Ball Room Hotel Damhil

21 - 22 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PLS

oleh Asesor BAN PT : Dr. Budi Susetyo, M.Pd dan Prof. Dr. Rusdinal,. M.Pd

6 Oktober 2020

Seleksi Kajur, Dosen & Tenaga Kependidikan Berprestasi FIP

Seleksi tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan UNG

2 - 3 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD

Oleh Dr. Asep Supena, M.Si & Dr. Parwoto, M.Pd