Hati Kami Tertinggal di Desa Bongo 3

Oleh: Fachrizal Nursyamsu, S.IP . 16 Maret 2020 . 16:14:00

BK FIP UNG - Bongo 3, salah satu desa di Kecamatan Wonosari yang masih kental dengan suasana alam dan adat istiadat masyarakat desa. Hanya sedikit masyarakat yang memiliki Handphone Android, tidak ada fasilitas wifi yang kerap dengan mudahnya diakses di daerah kota. Anak-anak pun bermain tidak memegang gadget yang malah menyibukkan mereka dengan game online dan menghiraukan keadaan teman-teman di sekitar. Ditambah dengan keragaman budaya, etnis, agama dan karakter masyarakat Desa yang hidup rukun dan tenteram. terdapat suku Jawa, Bali dan Gorontalo berbaur dan hidup berdampingan saling membantu penuh dengan toleransi, persis seperti potret mini Indonesia.

Tempat ini yang dipilih menjadi lokasi praktek mata kuliah Konseling Lintas Budaya dengan kegiatan yang bertajuk “Bakti Konseling Masyarakat (Bakomas)”. Sebanyak 75 mahasiswa dan 3 orang Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (UNG) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) selama 2 hari, 14-15 Maret 2020. Desa ini juga dijadikan tempat Diseminasi Penelitian untuk Jurusan BK dengan dibuatnya Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara Ketua Jurusan BK, Salim Korompot, M.Pd dengan Ibunda (Kepala Desa) Desa Bongo 3 Ibu Ma’uyah Kadir.

Banyak kegiatan yang kami lakukan, mulai dari identifikasi desa, pengumpulan data sekunder, melakukan wawancara dengan beberapa warga desa, dan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan masyarakat, terutama anak-anak yang dengan mudahnya datang mendekati tenda tempat kami menginap untuk mencari jawaban dari keingintahuan mereka siapa saja tamu yang datang di desa mereka. Hampir setiap waktu anak-anak datang di sekitar tenda kami, pagi hari, siang, sore sampai malam selalu saja banyak anak-anak yang datang kesini. Kami mengadakan kegiatan “Outbound” yang mengambil lokasi di lapangan desa yang luas. Anak-anak dibagi beberapa kelompok, ada yang mengikuti permainan yang dapat melatih ketangkasan meraka, yaitu permainan kejar dan tangkap “Tom and Jerry”, permainan tebak kata untuk meningkatkan daya ingat dan kosa kata mereka, yaitu permainan tebak kata, permainan olahraga, bola voli dan berbagai permainan lainnya. Mereka bermain dengan menghiraukan kondisi matahari yang sedang terik maupun angin malam yang berhembus cukup dingin menerpa kulit.

Anak-anak yang sebagian besar masih duduk di bangku Sekolah Dasar bermain riang penuh canda dan tawa, mengikuti instruksi dari kami dan di wajah mereka terpancar kegembiraan. Selama 2 hari, mereka terlihat sangat senang, rukun, harmonis, walaupun dari latar belakang keluarga, budaya, etnis dan agama yang berbeda-beda. Namun, sudah saatnya hari Minggu sore kami kembali ke Kota Gorontalo. Wajah-wajah lugu anak-anak yang selama 2 hari lalu kami lihat selalu tersenyum dan tertawa kini berbalik 180 derajat. Mereka diam dan sedih, melihat kami bersiap untuk meninggalkan desa mereka. “Kakak-kakak nanti datang lagi kesini ya, kami sangat senang bila kakak-kakak ada disini,” ucap beberapa dari mereka, walaupun terdengar kuat namun kami rasakan getaran kesedihan yang berusaha mereka tahan.

Kami pun akhirnya menaiki kendaraan untuk kembali menuju Kota Gorontalo. Satu pertanyaan yang menghinggapi kami selama di perjalanan yaitu kapan kami bisa datang lagi dan bersilaturahim di Desa Bongo 3? Jujur, kami rindu dengan suasana desa tersebut, terutama kegembiraan dan kebersamaan anak-anak desa Bongo 3 yang jauh dari gadget seperti halnya kami lihat pada anak-anak di Kota Gorontalo. (Anggi Rasta/Hms)

KEGEMBIRAAN. Tampak anak-anak desa Bongo 3 bermain penuh ceria dan berfoto bersama dengan Mahasiwa peserta Bakomas BK FIP UNG, di lapangan desa Bongo 3, Minggu (15/3) siang.

Agenda

3 Maret 2020

Pembinaa Etos Kerja Pegawai FIP

Apel Kerja yang rutin dilaksanakan di lingkungan FIP yang dilakukan rutin setiap bulan

25 Februari 2020

Ramah Tamah Sarjana Lulusan Sarjana FIP

Acara Ramah Tamah Lulusan FIP Periode Februari 2020 yang dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU antara FIP - Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se Provinsi Gorontalo

12 Februari 2020

Apel Kerja FIP

Apel Kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNG dihadiri Dekan dan Wakil Dekan II, Kepala Bagian, Kasubbag dan Pegawai

21 Januari 2020

Kuliah Umum

Kuliah Umum mengawali Semester Genap TA 2019/2020 di lingkungan FIP UNG bertempat di Auditorium UNG