Jurusan MP, FIP UNG Lolos Hibah PKKM 1,4 Miliar dari Ditjen Dikti

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 16 Juni 2021 . 16:52:04

Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan menjadi satu-satunya Jurusan di Universitas Negeri Gorontalo yang berhasil lolos pada seleksi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Hasil pemenang hibah PKKM diumumkan secara online melalui laman https://pkkmdikti.kemdikbud.go.id/ pada tanggal 7 Juni 2021.

Ketua Jurusan MP Dr. Arifin, M.Pd mengatakan bahwa Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) ini bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat kinerja utama dari Perguruan Tinggi dalam menerapkan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta mencapai 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yakni lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat rekognisi, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, Kelas yang kolaboratif dan partisipatif, dan program studi berstrandar internasional.

Arifin mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama dari Tim Task Force, Dosen MP, dan Tendik FIP serta dukungan dari pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan, Pimpinan LP3M, Pimpinan Universitas Negeri Gorontalo, tim ISS, mahasiswa MP, Alumni MP, serta lembaga mitra yangg peduli dan semua pihak yang telah mendoakan dan memberi dukungan yang luar biasa sehingga Proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Manajemen Pendidikan FIP UNG dinyatakan lolos, ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FIP Dr.Arwildayanto, M.Pd ditemui di ruang kerjanya mengatakan dengan adanya dana hibah PKKM ini, kinerja Jurusan MP harus lebih meningkat lagi sesuai dengan 8 Indikator Kinerja Utama PKKM tersebut yaitu dosen memiliki pengalaman sekaligus membawa mahasiswa berkegiatan di luar kampus serta melahirkan praktisi mengajar di dalam kampus, “jadi sebagai dosen kadang-kadang mengajar hanya bersifat teoritis, maksudnya dosen diharapkan mampu menjadi praktisi, tidak hanya berbicara tentang teoritik, tetapi praktis tentang kegiatan di lapangan contohnya sebagai wirausaha atau memiliki mitra wirausaha atau dosen memiliki pengalaman dalam bidang membangun tempat atau mitra-mitra yang memiliki kemampuan bermintra dengan dunia usaha atau yang menyerap lapangan pekerjaan. Dengan  adanya dana PKKM ini, program studi MP bisa bekerjasama dengan mitra baik yang di kelas internasional maupun nasional dengan lebih banyak melibatkan mahasiswa seperti magang di dunia industry atau tempat-tempat pemerintah atau bekerjasama dengan perguruan tinggi 100 terbaik di dunia”.  

Lebih lanjut, Arwildayanto mengatakan “Jurusan MP harus menjadi program studi yang memiliki standard internasional, karena tahun ini juga MP akan kita biayai dalam melakukan akreditasi internasional, jadi sejalan apa yang di kembangkan oleh pemerintah dalam program kompetisi kampus merdeka ini Jurusan MP menjadi suatu contoh bagaimana menghadirkan sesuatu program studi yang aspiratif, menyerap harapan stakeholder sekaligus memenuhi harapan dari mahasiswa kita untuk  bisa terserap di dunia kerja secara cepat”, paparnya.

Arwildayanto berharap Jurusan MP dapat menjadikan jurusan yang berbeda dengan jurusan yang lain, contohnya dengan keterlibatan masyarakatnya yang lebih besar, mitranya yang lebih luas, levelnya lebih luas termasuk pembiayaan masyarakat yang lebih besar, stakeholder yang lebih besar yang program studi lain tidak bisa lakukan. Ini harapannya dengan PKKM ini, paling tidak pengalaman-pengalamn baru yang dihasilkan yang di dapatkan mahasiswa atas keikut sertaan dengan PKKM akan memberikan bobot 20 SKS untuk belajar di luar Program Studi atau di luar Fakultas ataupun di luar Universitas. (Humas FIP)

Agenda

29 Juli 2021

Kegiatan Refleksi dan Evaluasi Permata Jurusan BK FIP Universitas Negeri Semarang

-

10 Juli 2021

Yudisium Akhir Program Jurusan Manajemen Pendidiikan

Dilaksanakan di Rumah Marly Gorontalo

7 Juli 2021

Visitasi Audit Mutu Internal di Fakultas Ilmu Pendidikan

-

2 Juli 2021

Rapat Pengelola PEDAGOGIKA TV FIP UNG

-