Jurusan PGSD Gelar Webinar, Transformasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien serta Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid 19

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 9 Juni 2021 . 20:22:01

FIP-UNG: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo menggelar seminar online bertajuk “Transformasi yang Efektif dan Efisien serta Penguatan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid 19” pada hari Rabu, 9/6/2021.

Dekan FIP Dr. Arwildayanto, M.Pd dalam sambutannya pada pembukaan webinar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Jurusan PGSD, Dosen Pengampu Mata Kuliah, serta seluruh panitia atas terselenggaranya webinar pendidikan ini. Arwildayanto berharap “kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan dan menjadi komitmen kita bersama untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif walaupun dalam suasana yang sangat terbatas akibat pandemi covid 19, Fakultas Ilmu Pendidikan akan terus menggerakkan program-program seperti ini agar mahasiswa mendapat pengalaman bagaimana mengorganisasikan kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas, serta penguatan keilmuan bagi para pendidik sehingga memiliki kompetensi professional,” ungkapnya

Dekan FIP, Dr. Arwildayanto, M.Pd. Foto: dok

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Dr. Chandra Cuga, M.Pd selaku ketua Jurusan PGSD menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan peserta yang sudah meluangkan waktunya untuk ikut berpartisipasi pada acara webinar. Candra mengatakan “kegiatan ini merupakan salah satu upaya jurusan, dosen dan mahasiswa untuk menumbuhkan dan mengokohkan amanah yang telah diberikan kepada Jurusan PGSD yang telah mendapatkan akredetasi A, meskipun kegiatan ini sepenuhnya diselenggarakan oleh mahasiswa tetapi sudah sesuai dengan profil yang ada di Jurusan PGSD, mereka tidak hanya dipersiapkan untuk menjadi guru profesional tetapi juga menjadi peneliti dan sebagai konsultan pendidikan.  Karena itu kompetensi dan kapasitas mereka selalu di upayakan agar mereka bisa terbiasa dan mampu melaksanakan beragam kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas mereka. Kepekaan terhadap persoalan pendidikan merupakan salah satu kunci agar mereka bisa memiliki kepekaan riset terhadap kemampuan mereka dalam melakukan riset, kemampuan mereka untuk mengkonsultasi berbagai persoalan pendidikan yang ada di Indonesia. Dan juga dengan kegiatan ini mereka juga akan banyak belajar meskipun sebagai panitia bagaimana mentransformasi pendidikan karakter di masa pandemi seperti ini dan juga kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien”, ujarnya.

Ketua Jurusan PGSD, Dr. Chandra Cuga, M.Pd. Foto: dok

 

Sementara itu, menurut Dr. Isnanto, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan output dari mata kuliah manajemen kepelatihan yang ada di Jurusan PGSD, mahasiswa diajarkan bagaimana cara memenej dan membuat kegiatan pelatihan atau acara seminar mulai dari bagaimana penentuan tema, pemilihan narasumber, serta pendanaan biaya seminar sampai kegiatan itu berjalan sukses.

Lebih lanjut, Isnanto mengatakan bahwa “pemateri pada seminar online ini berjumlah 4 orang yaitu Dr. Wiwi T. Pulukadang, M.Pd (Dosen PGSD FIP UNG), Karto Nurkamiden, S.Pd (Sekretaris PGRI Kota Gorontalo), Irvan Abraham, M.Kom (Ketua IGI Wilayah Provinsi Gorontalo), dan Saiful Musa, S.Pd (Kabid Infokom PGRI Kota Gorontalo), sementara pesertanya adalah mahasiswa, guru-guru, dan ada juga beberapa orang yang berasal dari luar daerah seperti Banyumas Jawa Tengah, Makassar, Purwakarta Jawa Barat, dan Kabupaten Bolmut Sulut”. (Humas FIP)

Agenda

29 Juli 2021

Kegiatan Refleksi dan Evaluasi Permata Jurusan BK FIP Universitas Negeri Semarang

-

10 Juli 2021

Yudisium Akhir Program Jurusan Manajemen Pendidiikan

Dilaksanakan di Rumah Marly Gorontalo

7 Juli 2021

Visitasi Audit Mutu Internal di Fakultas Ilmu Pendidikan

-

2 Juli 2021

Rapat Pengelola PEDAGOGIKA TV FIP UNG

-