Jurusan PLS FIP UNG Gelar Workshop Pengembangan Program Kerja Pusat Studi Pendidikan Masyarakat

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 23 September 2021 . 15:48:51

FIP UNG – Eksistensi perguruan tinggi menjadi sumber pemikiran, ketetapan-ketetapan atau aturan-aturan yang menjadi dasar pengambilan keputusan ditingkat kampus itu sendiri atau pemerintah. Oleh karena itu, kinerja kampus harus benar-benar baik. Pengelolaan sumber daya manusia di kampus harus terus berubah sesuai tuntutan perkembangan. Salah satu yang menjadi penggerak inovasi di kampus adalah adanya pusat-pusat studi. Dari pusat studi diharapkan lahir pemikiran yang inovatif, strategis dan menjadi acuan dalam menggerakan bidang-bidang pembangunan. Sebagai wujud pengabdian pada masyarakat maka pusat studi diharapkan hadir dalam memecahkan berbagai masalah pembangunan antara lain ekonomi, kesejahteraan, dan pendidikan masyarakat. Berkenaan dengan hal tersebut Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada Kamis (23/9/2021) menggelar workshop secara online dengan tema "Komitmen Membangun Jejaring dalam Mengoptimalkan Layanan Sasaran Komunitas Pendidikan Masyarakat Berkelanjutan".

Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan berbagai fenomena di masyarakat terutama yang menyangkut aspek pendidikan dan kebijakan-kebijakan yang saat ini berkembang sangat pesat dan berdimensi sangat kompleks, sudah barang tentu kondisi ini harus direspon secara memadai dan proporsional, agar tidak menimbulkan implikasi negatif bagi masyarakat luas. Keberadaan pusat studi ini diharapkan berkontribusi optimal dalam rangka merespon berbagai fenomena tersebut dalam rangka menawarkan alternatif solusi atas berbagai problematika permasalahan pendidikan maupun kebijakan pendidikan, serta nilai-nilai pendidikan kedamaian di masyarakat. Ujarnya

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Studi Pendidikan Masyarakat/ Pendidikan Luar Sekolah Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd, workshop ini bertujuan agar terlaksananya komunikasi dua arah terhadap regulasi dan kebijakan berkenaan dengan pengembangan program dan kegiatan Pendidikan Masyarakat/ Pendidikan Luar Sekolah baik dari kalangan Pimpinan Fakultas maupun dari Pemangku kepentingan terkait, kemudian eksistensi Pengembangan Pusat Studi Pendidikan Masyarakat/Pendidikan Luar Sekolah baik untuk kalangan akademisi maupun pemangku kepentingan dan praktisi yang berkiprah di bidang kajian Pendidikan Masyarakat/ Pendidikan Luar Sekolah dapat tersosialisasi dengan baik, serta tersusunnya program dan kegiatan Pendidikan Masyarakat/Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Tahun Akademik 2021/2022.

Lebih lanjut Hamid Isa mengatakan narasumber pada workshop ini berjumlah dua orang yakni Prof. Dr. Hafid Abbas, M.Pd (Ketua Umum APENMASI Pusat), dan Drs. H, Bambang Kunaedi, M.Si (Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo). Peserta workshop ini berasal dari unsur dosen Jurusan PLS, unsur SKB Kota/Kab Gorontalo dan Bone Bolango, Pamong Belajar, dan PKBM/ Satuan Pendidikan lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo. Hamid Isa menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber, panitia dan peserta yang sudah berkenan hadir meluangkan waktunya untuk ikut berpartisipasi pada acara workshop, dan kepada segenap pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah memberikan dukungan moril maupun materil atas terselenggaranya workshop Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. (Humas FIP/Nova)

Agenda

16 Oktober 2021

Webinar Nasional Pendidikan oleh Senat Mahasiswa FIP UNG

Dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom dan disiarkan lansung pada youtube channel PEDAGOGIKA TV FIP UNG

24 September 2021

Semarak merayakan dies natalis UNG ke-58, Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan UNG mengajar dengan tema "Mendidik dengan Hati"..

-

23 September 2021

Workshop Pengembangan Program Kerja Pusat Studi Pendidikan Masyarakat Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Tema:
"Komitmen Membangun Jejaring dalam Mengoptimalkan Layanan Sasaran Komunitas Pendidikan Masyarakat Berkelanjutan"

Narasumber Prof. Dr. Hafid Abbas, M.Pd (Ketua Umum APENMASI Pusat), Drs. H, Bambang Kunaedi, M.Si (Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo), dan Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd (Kepala Pusat Studi Pendidikan Masyarakat/PLS)

7 September 2021

Workshop sekaligus penandatanganan pakta integritas pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Pemateri:
1. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST, MT, IPM (Rektor UNG)
2. Risal Nurul Fitri, SH, MH (Kejati Gorontalo)
3. Sugiyarto, SE, Ak.,. M.Sc, Ph.D (Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo)