Kuliah Daring, Ekstra Pengeluaran Beli Pulsa Data

Oleh: Fachrizal Nursyamsu . 29 September 2020 . 11:26:03

UNG – Proses pembelajaran di tengah pandemi C-19 dilakukan melalui Dalam Jaringan (Daring). Untuk dapat mengikuti proses perkuliahan online ini, diperlukan perangkat pendukung dan pulsa data yang cukup. Namun, di tengah keterbatasan yang ada saat ini, mahasiswa terus optimis dan semangat untuk dapat mengikuti perkuliahan semester ini yang menggunakan metode Daring. Hal ini terlihat di salah satu sudut Kampus Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), tepatnya di sekitaran Kantin Masjid Kampus Sabilurrasyad UNG. Tampak 5 orang mahasiswa sedang serius santai mempresentasikan diskusi kelompok, pada mata kuliah Seni Budaya dan Prakarya/ Keterampilan (SBDP) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester lima.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, secara bergantian masing-masing anggota kelompok menyampaikan presentasi sambil memegang smart phone dan headset yang tergantung di telinga. Adalah Hamsa Isima yang menyampaikan materi “karakteristik budaya” bersama teman-temannya. Mata kuliah dengan bobot 4 SKS ini dimulai dari jam 07.00 hingga 10.00 Wita cukup menyita waktu dan konsentrasi mereka. Dengan durasi 3 jam untuk satu kali pembelajaran online ini, perlu strategi khusus dalam memilih tempat yang strategis, terhindar dari polusi suara, tenang, dan dapat menikmati suasana alam yang segar, karena di samping tempat mereka terdapat kolam dan pepohonan yang rindang.

Usai kuliah online yang menggunakan aplilasi Zoom, Hamsa menceritakan ini adalah pertemuan keempat pada mata kuliah SBDP, yang diampu oleh Dosen Dr. Wiwy T. Pulukadang. “Materi mata kuliah ini sudah diberikan Dosen, kemudian mahasiswa yang berjumlah 29 orang ini dibagi ke dalam 6 kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi terkait materi yang diberikan melalui Daring,” ujar Hamsa. Selain itu, Hamsa juga menjelaskan alasannya memilih teras Kantin Masjid Kampus ini sebagai tempat diskusi kelompok, karena tempat kos teman-teman yang berjauhan sehingga perlu memilih satu tempat untuk diskusi kelompok, selain itu juga bila ada Dosen yang memerlukan kehadiran mahasiswa di sekitaran Kampus bisa lebih cepat.

Ia juga mengeluhkan dengan dilaksanakan perkulialahan secara Daring, sudah hampir satu bulan ini, masalah jaringan yang sering putus-putus, dan juga banyak biaya yang dikeluarkan untuk membeli pulsa data. “Sebagai gambaran biasanya saya membeli pulsa data Rp 75.000 habis untuk 6 kali perkuliahan Daring dengan menggunakan aplikasi Zoom atau Meet. Jadi kalau semua mata kuliah menggunakan Daring, biaya untuk membeli pulsa data setiap minggu sangat besar. Hal ini tentunya sangat berat bagi mahasiswa, khususnya saya pribadi. Dan juga kuota gratis yang kami tunggu-tunggu, padahal sudah update melalui aplikasi siat sampai saat ini belum ada,” jelas Hamsa.

Hal senada disampaikan Novrianti Gou yang kerap dipanggil Nova, mengatakan bahwa walaupun banyak kesulitannya, teman-teman sekelas masih aktif dan semangat mengikuti perkuliahan online, karena bisa direkam dan muncul tampilan videonya sehingga bisa diketahui keaktifan dari masing-masing mahasiswa. “Besar harapan kami mahasiswa khususnya Jurusan PGSD, pimpinan Fakultas dan Jurusan PGSD bisa memfasilitasi dengan memberikan layanan wifi gratis di seputaran Gedung Jurusan PGSD yang baru eks Kantor Fakultas Ekonomi, kan di sekeliling Gedung tersebut terdapat banyak Gazebo dan pepohonan yang rindang untuk diskusi kecil serta tetap memperhatikan standar protokol kesehatan,” ungkap Nova. (Hms)

Kuliah Daring. Tampak mahasiswa Jurusan PGSD yang sedang melakukan presentasi Kuliah Daring mata kuliah SBDP, menggunakan aplikasi Zoom, pada Selasa (29/9) pagi di sudut Kampus FIP UNG.

Agenda

1 Desember 2020

Pelatihan Pengelolaan Website Unite Kerja Melalui Content Management System WEBMASTER UNG

Oleh UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo di Ball Room Hotel Damhil

21 - 22 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PLS

oleh Asesor BAN PT : Dr. Budi Susetyo, M.Pd dan Prof. Dr. Rusdinal,. M.Pd

6 Oktober 2020

Seleksi Kajur, Dosen & Tenaga Kependidikan Berprestasi FIP

Seleksi tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan UNG

2 - 3 Oktober 2020

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD

Oleh Dr. Asep Supena, M.Si & Dr. Parwoto, M.Pd