Mahasiswa BK Praktek Lintas Budaya di Wonosari

Oleh: Fachrizal Nursyamsu, S.IP . 14 Maret 2020 . 08:57:39

UNG – implementasi program Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim tentang Merdeka Belajar, sebanyak 75 orang Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melaksanakan kegiatan ”Bakti Konseling Masyarakat (Bakomas)” yang mengambil lokasi di Desa Bongo 3 Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo pada Jum'at (13/3) sore. Kegiatan ini sebagai alternatif belajar di kampus, dengan turun langsung di masyarakat untuk memahami beragam budaya, etnis, karakter dan kebiasaan yang ada di masyarakat.

Didampingi 3 orang Dosen yang akan turun ke lokasi, terlihat bersemangat dan antusias pada kegiatan yang mengambil tema “Menjalin Silaturahmi dan Mengenal Kebudayaan Masyarakat di Desa Bongo 3”, dan akan berlangsung selama 2 hari diawali dengan pelepasan pada Jum’at sore di dekat Pintu Masuk Kampus Merah Maroon.

Dekan FIP. Dr. Arwildayanto, M.Pd saat pelepasan mengatakan mata kuliah Konseling Lintas Budaya sangat luar biasa, karena mengenalkan kita yang hidup dengan keragaman. “Indonesia khususnya Gorontalo, memiliki banyak keragaman sehingga hendaknya kita dapat menerima keberagaman tersebut sebagai modal dasar sosial masyarakat dan menghargai perbedaan sebagai karunia Tuhan YME,” terang Dr. Arwildayanto.

Dekan juga berpesan kepada mahasiswa untuk bisa mengikuti kegiatan dengan baik, menjaga nama baik FIP, dan mensosialisasikan Jurusan BK dan institusi UNG yang sudah meraih akreditasi A kepada masyarakat di Wonosari. “Semoga adik-adik mahasiswa dalam mengikuti praktek lapangan diberikan kelancaran, kesehatan dan dukungan dari masyarakat, serta kembali dengan selamat,” tutup Dekan FIP.

Penanggung jawab mata kuliah Konseling Lintas Budaya, Dr. Tuti Wantu, M.Pd.Kons mengatakan dengan kegiatan ini mahasiswa dapat mempelajari beragam ras, etnis, dan budaya sebagai bekal nanti menjadi guru BK yang profesional. Diharapkan mahasiswa BK bisa mengabdi dan menyelesaikan masalah terkati beragam budaya yang ada di masyarakat. “Dengan adanya praktek lapangan seperti ini, mahasiswa dapat memahami mata kuliah tidak hanya dari Teori saja, namun implementasi dimasyarakat khususnya di Desa Bongo 3 Kecamatan Wonosari yang terkenal dengan keberagaman budaya, seperti masyarakat suku Bali, Jawa danGorontalo berbaur dengan rukun dan damai,” jelas Dr. Tuti.

Kegiatan selama 2 hari dan dirangkaikan dengan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Jurusan BK dengan Ayahanda Desa Wonosari. Mahasiswa akan turun di masyarakat dengan melakukan wawancara terkait permasalahan yang ada di kehidupan rumah tangga dan sosial. Bahan temuan di lapangan akan di catat dalam laporan dan didiskusikan di kampus untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. (Hms)

FOTO BERSAMA. Dekan FIP bersama Dosen mata kuliah Konseling Lintas Budaya dan mahasiswa Peserta Bakomas berfoto bersama usai acara pelepasan di dekat Pintu Utama Kampus UNG, Jumat (13/3) sore.

 

 

Agenda

3 Maret 2020

Pembinaa Etos Kerja Pegawai FIP

Apel Kerja yang rutin dilaksanakan di lingkungan FIP yang dilakukan rutin setiap bulan

25 Februari 2020

Ramah Tamah Sarjana Lulusan Sarjana FIP

Acara Ramah Tamah Lulusan FIP Periode Februari 2020 yang dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU antara FIP - Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se Provinsi Gorontalo

12 Februari 2020

Apel Kerja FIP

Apel Kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNG dihadiri Dekan dan Wakil Dekan II, Kepala Bagian, Kasubbag dan Pegawai

21 Januari 2020

Kuliah Umum

Kuliah Umum mengawali Semester Genap TA 2019/2020 di lingkungan FIP UNG bertempat di Auditorium UNG