Optimalkan Hasil Riset, Tim Peneliti Pengembangan Keilmuan Guru Besar (PKGB) Jurusan MP FIP UNG Gelar FGD

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 8 September 2021 . 16:05:01

FIP UNG - Tim riset Pengembangan Keilmuan Guru Besar (PKGB) Jurusan Manajemen Pendidikan (MP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) penelitian secara daring di Aula FIP UNG pada Rabu, 8 September 2021. Tim yang terdiri dari Prof. Dr. Novianty Djafri., M.Pd, Dr. Arwildayanto, M.Pd, dan Dr. Zulaecha NgiU, M.Pd ini meneliti tentang “Strategi Pembelajaran Holistik dalam Perspektif Merdeka Belajar Era Revolusi Industri 4.0 di masa new normal, melalui Pengembangan Model Manajemen Kepemimpinan Transglobal Kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Negeri Se- Provinsi Gorontalo”.

Ketua LPPM UNG Prof. Dr. Ishak Isa, M.Sc pada acara pembukaan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan FGD, karena riset keilmuan Guru Besar ini merupakan riset dana PNBP yang paling besar biayanya dan dalam waktu dekat akan dilakukan reviewer seperti apa perkembangan penelitianya. Ishak Isa berharap "kegiatan FGD ini berjalan lancar dan sukses, dan kepada tim yang terlibat di dalam penelitian ini akan mendapatkan temuan-temuan baru yang didiskusikan pada FGD untuk dilaporkan pada kegiatan monev yang akan dilakukan oleh pihak LPPM UNG nanti", tuturnya.

Sementara itu ketua peneliti PKGB Prof. Dr. Novianty Djafri, M.Pd mengatakan FGD ini sebagai salah satu sarana untuk berdiskusi bagi para peneliti dengan pakar, pemerintah daerah, akademisi, mahasiswa dan stakeholders (kepala sekolah, guru, dan pengawas) untuk menghasilkan kesempurnaan hasil penelitian yang dilakukan yang bertujuan mendapatkan rekomendasi terkait dengan hasil penelitian yaitu rumusan model pembelajaran holistik Kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan rumusan model kepemimpinan transglobal Kepala Sekolah serta perumusan teori, konsep dan analisis hasil penelitian rekomendasi dan implikasi hasil penelitian oleh Kepala sekolah dan customer service kebijakan.

Lebih lanjut Novianty Djafri mengatakan kegiatan FGD ini diikuti oleh 92 orang peserta dengan mengundang narasumber ahli/pakar di bidang Manajemen Pendidikan, narasumber eksternal yang juga Ketua Senat Universitas Negeri Padang Prof Dr. Sufyarma Marsidin., M.Pd serta narasumber internal dari UNG Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc (Wakil Rektor 4 UNG). Novianty berharap melalui kegiatan FGD ini akan mendapatkan berbagai masukan dari setiap stakeholder yang hadir. (Humas FIP/Nova)

Agenda

7 September 2021

Workshop sekaligus penandatanganan pakta integritas pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Pemateri:
1. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST, MT, IPM (Rektor UNG)
2. Risal Nurul Fitri, SH, MH (Kejati Gorontalo)
3. Sugiyarto, SE, Ak.,. M.Sc, Ph.D (Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo)

30 Agustus 2021

International Seminar and Research Collaboration Dissemination Jurusan Pendidikan Nonformal FIP UNG

Tema: "Learning Loss Mitigation Model in Nonformal Education Covid 19 Era"

Speakers:
1. Asc. Prof. Pravin R. Choube, Ph. D. (India)
2. Froilan D. Mobo, Ph.D. (Philippines)
3. Prof. Dr. Abdul Rahmat, M.Pd. (Ina-UNG)
4. Asc. Prof. Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd. (Ina-UNG)
5. Dr. Ismaniar, M.Pd. (Ina-UNP)
6. Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd. (Ina-UNNES)

Moderator:
1. Rahmatan Idul, S.S., M.A.
2. Irfan R Ibura, M.Pd.

30 Agustus 2021

Kuliah umum semester Ganjil 2021/2022 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Dengan tema "Learning Innovation on Safe the Loss Generation in Pandemic Covid-19 Era" bersama narasumber Prof. Madya Ts. Dr. Mahizer bin Hamzah (Associate Professor and a Program Coordinator for Education Technology from Educational Studies Department, Faculty of Human Development at Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia). Moderator Waode Ety Hardiyanti, M.Pd

24 Agustus 2021

Sosialisasi Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen Tahun 2021 di Lingkungan FIP UNG

-