Peningkatan Kualitas Mutu dan SDM FIP UNG

Oleh: Hasim Ishak, S.Pd . 31 Agustus 2016 . 08:27:00

Agustus 2016, Quality Assurance dan Soft Skill merupakan bagian dari empat pilar kebijakan yang dirumuskan oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo untuk pengembangan Kampus ke depan.

Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai salah satu fakultas terbesar di Institusi ini, ditahun 2016 ini terus menunjukkan dukungan dalam mewujudkan program tersebut melalui prestasi atau capain dalam peningkatan kualitas mutu serta SDM di Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Betapa tidak, dalam hal peningkatan kualitas mutu melalui program Akselerasi akreditasi, kemarin empat jurusan yang ada di Fakultas ini melaksanakan visitasi akreditasi dan mendapatkan predikat yang sangat baik, yaitu:

  1. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini : Akreditasi B
  2. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Akreditasi B
  3. Jurusan Bimbingan dan Konseling : Akreditasi B
  4. Jurusan Manajemen Pendidikan : Akreditasi A

Sementara untuk pengembangan dan penyelasaran kapasitas SDM di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas ini juga melahirkan dua orang Guru Besar dan tiga orang Doktor.

Dua orang Guru besar baru saja dikukuhkan tanggal 29 Agustus 2016 kemarin pada Sidang Senat Terbuka, oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo (Prof. Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd), selaku Ketua Senat Universitas Negeri Gorontalo yaitu:

  1. Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd (Bimbingan dan Konseling) dan
  2. Prof. Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd (Pendidikan Luar Sekolah).

Tiga orang dosen yang meraih gelar Doktor yaitu:

  1. Drs. Usman Samatowa M.Pd, Ph. D : Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (PG-PAUD)
  2. Dr. Sukma Nurilawati Botutihe S.Psi., M.Psi - Universitas Padjadjaran Bandung (Psikologi – Bimbingan dan Konseling) dan
  3. Dr. Besse Marhawati S.Pd, M.Pd (Manajemen Pendidikan).

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd) mengungkapkan bahwa raihan prestasi ini tentunya diperoleh dari hasil kerja keras, adanya dukungan, bantuan dan kerjasama semua pihak yang ada di Fakultas Ilmu pendidikan. Selain itu juga, pastinya tidak terlepas dari adanya support dari unsur Pimpinan yang ada di tingkat Universitas.

Sudah tentu prestasi ini akan terus dipertahankan, bahkan lebih dikembangkan lagi guna keberlanjutan program studi/jurusan di Fakultas khusunya dan untuk pengembangan Universitas Negeri Gorontalo kedepan pada umumnya.

 

Agenda

24 - 26 Februari 2019

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

Visitasi Akreditasi Jurusan Bimbingan dan Konseling

5 Februari 2019

Yudisium Sarjana FIP

Kegiatan Yudisium dirangkaikan dengan Ramah Tamah Sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan UNG di Gedung Bele li M'Bui Kota Gorontalo

22 Desember 2018

Kegiatan Jumpa PA Jurusan Bimbingan dan Konseling

Kegiatan rutin yang dicanangkan perdana oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNG, dirangkaikan dengan Laporan Hasil Semester Mahasiswa Jurusan BK bertempat di Desa Lombongo Kecamatan Suwawa

8 Februari 2018

Wisuda Periode Februari 2018

Wisuda Sarjana Universitas Negeri Gorontalo