PG-PAUD FIP UNG Siap Wujudkan Anak-Anak Gemilang bagi Generasi Alfa di Era Society 5.0

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 21 Juni 2021 . 16:10:06

GORONTALO - Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo siap mewujudkan anak-anak PAUD yang gemilang. Ini terlihat dari pelaksanaan webinar nasional yang dilaksanakan oleh PG-PAUD FIP UNG, dengan mengambil tema mewujudkan anak-anak gemilang bagi generasi Alfa di Era Society 5.0. Sabtu (19/6/2021).

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri mulai dari Dekan FIP UNG, Dr. Arwildayanto, M.Pd. Ketua umum PP HIMPAUDI Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si. Sekertaris BAN PAUD BNF Dr. Irma Yuliatina, M.Pd. Dosen BK FIP UNG Dr. Maryam Rahim, M.Pd, dan Wakil Dekan I FIP UNG Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd, serta dua orang mahasiswa.

Dekan FIP Dr. Arwildayanto, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang luar biasa kepada pemateri yang sudah berkenan dan meluangkan waktunya dalam memberikan materi pada webinar nasional. Tantangan yang kita hadapi bagi anak-anak yang lahir di era generasi alfa yaitu yang lahir dari tahun 2010 sampai hari ini tentu sangat besar sekali, kita tidak bisa menghindari diri dari tantangan yang dihadapi di era society 5.0, dimana anak-anak kita akan dihadapkan pada berbagai kebutuhan mulai dari bangun tidur sampai dengan aktivitas lainnya sampai dengan tidur kembali, anak-anak dihadapkan dengan kebutuhan akan internet. “Jadi kebutuhan akan internet bukan hanya membantu anak-anak di dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, bermain tapi menjadi juga tantangan bagi kita sebagai orang tua akan internet yang bukan hanya dalam konteks positif tapi juga pada konteks negative, sehingga sebagai seorang guru maupun sebagai orang tua memang perlu merespon tantangan ini dengan baik karna di era society 5.0 ini mengedepankan setiap aktivitas kehidupan manusia ataupun aktivitas kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di kantor memerlukan suatu inovasi atau suatu dukungan yang berbasis internet”. Ujarnya

Lebih lanjut, Arwildayanto berharap sebagai orang tua tidak bisa mengelakkan diri dari kehidupan sekarang yang semuanya berbasiskan internet, bahkan aktivitas kita, aktivitas permainan anak-anak yang digunakan di rumah maupun di sekolah juga berbasis internet, “jadi kalo kita mau sukses mengarahkan anak-anak kita menjadi anak-anak hebat, sebagai orang tua di rumah tentu harus menyiapkan diri dengan baik, menjadi orang tua yang baik, apa lagi dalam kondisi sekolah saat ini yang belum bisa mendidik anak-anak secara offline, maka fungsi orang tua semakin besar dan strategis”. Semoga dengan materi-materi terbaik yang diberikan pemateri pada kegiatan seminar ini akan memberikan manfaat dan pembelajaran bagaimana menjadi orang tua yang melahirkan anak-anak yang terbaik untuk masa depan kita termasuk masa depan bangsa Indonesia”. Tandasnya.

Sementara itu dosen pengampu mata kuliah yang juga ketua HIMPAUDI Provinsi Gorontalo, Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd menyampaikan bahwa dalam kurikulum PAUD ada mata kuliah yang namanya pelatihan manajemen PAUD yang bertujuan agar mahasiswa dapat merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mereka tidak dapatkan di lapangan seperti seminar, workshop, webinar maupun pelatihan-pelatihan”, sedangkan pelaksana atau panitia pada kegiatan ini adalah para mahasiswa semester 6 yang terdiri dari mahasiswa kelas non regular yaitu guru-guru yang mendapatkan tugas belajar dan mahasiswa murni atau regular. Wenny mengatakan “meskipun mereka masih mahasiswa murni tapi mereka tidak kalah juga dengan mahasiswa yang sudah jadi guru yang sudah punya pengalaman, malahan dari beberapa hal mereka juga lebih menonjol”. Tuturnya

Adapun tujuan dari webinar nasional ini adalah membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap dan keterampilan untuk mengembangkan pengetahuannya dalam mewujudkan anak anak gemilang bagi generasi alfa di era society 5.0. Membekali mahasiswa dengan strategi, saran dan tips-tips yang berguna untuk kehidupan mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus. Mengaplikasikan pengetahuan dan sikap yang didapatkan mahasiswa dalam seminar nasional. Memotivasi mahasiswa agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan mengaplikasikan ilmunya di kehidupan bermasyarakat, serta meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan anak dalam keluarga. (Humas FIP)

Agenda

29 Juli 2021

Kegiatan Refleksi dan Evaluasi Permata Jurusan BK FIP Universitas Negeri Semarang

-

10 Juli 2021

Yudisium Akhir Program Jurusan Manajemen Pendidiikan

Dilaksanakan di Rumah Marly Gorontalo

7 Juli 2021

Visitasi Audit Mutu Internal di Fakultas Ilmu Pendidikan

-

2 Juli 2021

Rapat Pengelola PEDAGOGIKA TV FIP UNG

-