PGSD Sabet Juara 1 dan 2 Pilmapres FIP

Oleh: Fachrizal Nursyamsu, S.IP . 17 Maret 2020 . 16:05:00

UNG – Ajang Kompetensi Bergengsi bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yakni Pemilihan Mahasiswa Berpestasi (Pilmapres) tahun 2020 baru saja berakhir, Senin (16/3) malam. Mahasiswa perwakilan dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berhasil menyabet Juara 1 dan 2 yaitu Rama Yudha Dumbela dan Dewi Lestari Tuna, sedangkan untuk Juara 3 direbut oleh Nurvika Wahyuni dari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), sehingga ketiganya berhak mewakili FIP dalam Pilmapres di tingkat UNG.

Kegiatan Pilmapres FIP dilaksanakan selama satu hari penuh, dari pagi hingga malam hari dengan mengambil tempat di Aula Kantor FIP UNG. Sebanyak 10 mahasiswa FIP perwakilan setiap Prodi mengikuti ajang Pilmapres, dengan memasukan makalah kemudian mempresentasikan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Dewan Juri. Bukan hanya dari kemampuan materi dalam makalah yang mendapatkan penilaian, namun juga dari penampilan dan penguasaan bahasa asing pun menjadi salah satu aspek penilaian penting.

Dekan FIP, Dr. Arwildayanto mengucapkan selamat kepada ketiganya, dan hendaknya lebih mempersiapkan diri untuk berkompetisi di tingkat UNG. “Bukan hanya materi makalah yang harus dipersiapkan dengan matang, namun kemampuan menggali riset, menuangkannya menjadi pokok-pokok pikiran dalam disiplin ilmu sesuai Prodi, kemudian nilai kebaruan itulah yang nanti ditonjolkan dalam presentasi Pilmapres di tingkat Universitas,” ungkap Dekan FIP.

Dr. Arwildayanto juga menekankan kepada para ketiga juara, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, karena merupakan salah satu aspek penilaian utama. Dan juga dari sisi penampilan mahasiswa akan diperbaiki dengan melengkapi profil diri, porto folio dan curriculum vitae sehingga menjadi lebih rapi. Dekan juga menyampaikan bahwa Prodi PGSD mendapatkan berkah dalam ajang Pilmapres ini karena mahasisw PGSD mendapatkan Juara 1 dan 2, dan dalam tahun ini akan mendapatkan kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban PT) untuk Re-Akreditasi Prodi. “Mudah-mudahan dengan prestasi mahasiswa Prodi PGSD akan menambah poin penilaian pada re-akreditasi Prodi PGSD yang sampai saat ini masih B, dan di tahun ini akan meningkat serta memperoleh akreditasi A, Insya Allah,” harap Dr. Arwildayanto.

Sementara itu Wakil Dekan III FIP, Dr. Rustam Husain mengatakan kegiatan Pilmapres ini rutin dilaksanakan setiap tahun merupakan sarana untuk mengembangkan iklim akademik di kampus UNG dan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan dan keilmuan sehingga mencapai prestasi maksimal yang membanggakan secara berkesinambungan. “Nantinya para Juara 1, 2 dan 3 Pilmapres di tingkat FIP, akan mendapatkan bimbingan dan arahan dari Dosen dan pembina Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan FIP sehingga kemampuan berbahasa dan presentasi di hadapan publik semakin baik, tidak gugup dan menambah kepercayaan diri,” jelas Dr. Rustam.

Ketua Panitia Pilmapres, Rifda Mardian Arif, M.Pd mengatakan kegiatan Pilmapres sebagai ajang untuk menjaring mahasiswa FIP yang berprestasi kemudian akan mewakili FIP untuk mengikuti seleksi di tingkat UNG. “Tujuan utama dilaksanakan Pilmapres adalah memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi yang tinggi, memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler untuk mensinergikan kemampuan yang ada dalam diri mahasiswa, baik hardskill maupun softskill,” tutup Rifda. (Hms)

FOTO BERSAMA. Para peserta Pilmapres tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan berfoto bersama dengan Wakil Dekan, Dosen dan Panitia usai kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor FIP UNG, Senin (16/3) malam. 

 

Agenda

3 Maret 2020

Pembinaa Etos Kerja Pegawai FIP

Apel Kerja yang rutin dilaksanakan di lingkungan FIP yang dilakukan rutin setiap bulan

25 Februari 2020

Ramah Tamah Sarjana Lulusan Sarjana FIP

Acara Ramah Tamah Lulusan FIP Periode Februari 2020 yang dirangkaikan dengan Penandatanganan MoU antara FIP - Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se Provinsi Gorontalo

12 Februari 2020

Apel Kerja FIP

Apel Kerja di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNG dihadiri Dekan dan Wakil Dekan II, Kepala Bagian, Kasubbag dan Pegawai

21 Januari 2020

Kuliah Umum

Kuliah Umum mengawali Semester Genap TA 2019/2020 di lingkungan FIP UNG bertempat di Auditorium UNG