Rektor UNG Mengajar, dan Mendidik dengan Hati

Oleh: Novawaty Kansil, S.Pd., M.Pd . 24 September 2021 . 16:31:59

FIP UNG – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo pada Jumat (24/9/2021) menyelenggarakan program UNG mengajar bertajuk “Mendidik dengan Hati”. Mendidik dengan hati adalah men­didik dengan kelembu­tan dan penuh kasih sayang, yang ma­na dua hal ini adalah bersumber dari hati. Salah satu cara pengaja­an ini adalah de­ngan memberikan lebih banyak cinta terhadap pekerjaan sebagai pendidik juga kepada anak didiknya. Dengan menyadari bahwa mereka adalah titipan mulia yang harus diajari dari tidak tahu menjadi tahu, dididik dari tidak baik menjadi baik. Betapa banyak sekarang mereka yang terpaksa atau terjebak menjadi guru hanya sekadar mengajar tanpa mengerti dan mengenal bagaimana me­ng­ajar dan mendidik dengan hati dan kelembutan.

Dekan FIP UNG Dr. Arwildayanto, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan UNG Mengajar ini masih dalam rangka merayakan Dies Natalis Universitas Negeri Gorontalo ke-58, setelah sebelumnya FIP menggelar vaksin covid-19 gratis, seminar internasional Jurusan PLS, seminar kewirausahaan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, workshop pembangunan Zona Integritas, pengresmian desa binaan produk IKM pangan FIP UNG oleh Bupati Gorontalo, dan layanan online bimbingan dan konseling gratis.

“Kegiatan UNG Mengajar ini dilaksanakan pada 29 Sekolah Dasar dan 29 Lembaga PAUD yang ada di Gorontalo, dan pada hari ini pada jam yang sama ada 20 sekolah yang akan melaksanakan pengajaran, dan selebihnya akan dilaksanakan pada besok dan lusa karena pada saat yang sama mereka masih melaksanakan Ujian Tengah Semester. "Kepada Bapak dan ibu dosen dan mahasiswa yang ikut terlibat dalam acara ini kami ucapkan terima kasih, lebih khusus kepada Bapak Rektor dan Ibu Ketua DWP yang hari ini mengajar pada siswa kelas VI SD Laboratorium UNG dengan mata pelajaran IPA, sedangkan ibu ketua DWP UNG mengajar di TK Damhil UNG", ungkap Arwil

Lebih lanjut Arwildayanto mengatakan “kegiatan ini akan menjadi pemantik bagi kita, bahwa mengajar dengan hati sesungguhnya merupakan profesi yang perlu kita pendam terus menerus, karena kalo sudah dalam hati, pekerjaan itu kita akan senangi, kita cintai, sehingga betul-betul merasakan dan meresap di dalam diri kita itu sendiri, kita betul-betul mempersiapkan ini dengan baik, dan menjaga profesi guru itu menjadi lebih terhormat. Arwildayanto berharap “stimulus UNG mengajar hari ini adalah bagaimana kita meresapi profesi guru ini menjadi sesuatu profesi yang membanggakan”. (Humas FIP/Nova)

Agenda

16 Oktober 2021

Webinar Nasional Pendidikan oleh Senat Mahasiswa FIP UNG

Dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom dan disiarkan lansung pada youtube channel PEDAGOGIKA TV FIP UNG

24 September 2021

Semarak merayakan dies natalis UNG ke-58, Fakultas Ilmu Pendidikan melaksanakan kegiatan UNG mengajar dengan tema "Mendidik dengan Hati"..

-

23 September 2021

Workshop Pengembangan Program Kerja Pusat Studi Pendidikan Masyarakat Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Tema:
"Komitmen Membangun Jejaring dalam Mengoptimalkan Layanan Sasaran Komunitas Pendidikan Masyarakat Berkelanjutan"

Narasumber Prof. Dr. Hafid Abbas, M.Pd (Ketua Umum APENMASI Pusat), Drs. H, Bambang Kunaedi, M.Si (Kepala BP PAUD dan Dikmas Gorontalo), dan Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd (Kepala Pusat Studi Pendidikan Masyarakat/PLS)

7 September 2021

Workshop sekaligus penandatanganan pakta integritas pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Pemateri:
1. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST, MT, IPM (Rektor UNG)
2. Risal Nurul Fitri, SH, MH (Kejati Gorontalo)
3. Sugiyarto, SE, Ak.,. M.Sc, Ph.D (Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo)