Pemantapan Penilaian SKP di Lingkungan FIP Melalui Lokakarya

UNG – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) melakukan pemantapan penilaian Sasaran Kinerja Pegawai negeri sipil (SKP) di lingkungan FIP melalui Lokakarya. Kegiatan ini sangat penting karena terkait langsung dengan prestasi kerja dan sasaran kerja setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan dinilai oleh atasannya. Sebelumnya, metodeyang digunakan untuk mengevaluasi tingkat pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pegawai menggunakan metode Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979. Namun, saat ini metode DP3 tersebut telah digantikan dengan metode Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang mencakup penilaian sasaran kerja dan penilaian perilaku kerja pegawai, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. Beberapa waktu lalu, di tingkat Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan Workshop terkait pelaksanaan metode SKP ini, namun untuk lebih memantapkan dan mendalami metode SKP ini, FIP melaksanakan Workshop dengan mendatangkan narasumber dari Bagian Kepegawaian Biro Administrasi Umum dan Keuangan (AUK) UNG, yakni Robiana Laisa, S.Pd dengan mengambil tempat di Aula FIP UNG, Sabtu (16/11) pagi. Hadir dalam kegiatan tersebut 70 orang yang terdiri dari Dekan, Pembantu Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian Dosen dan Pegawai di lingkungan FIP.

Dekan FIP, Prof. Dr. Abdul Haris Panai mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh setiap Pegawai baik Dosen maupun Tenaga Penunjang Akademik khususnya di lingkungan FIP. “Penilaian SKP meliputi aspek-aspek: Kuantitas, Kualitas, Waktu, dan/atau Biaya. Sementara Penilaian perlaku kerja meliputi unsur : Orientasi Pelayanan, Integritas, Komitmen, Disiplin, Kerjasama, dan Kepemimpinan di setiap unit kerja masing-masing. SKP ditetapkan setiap tahun pada bulan Januari dan digunakan sebagai dasar penilaian prestasi kerja,” terang Dekan FIP. Masih kata Dekan FIP, Tujuan dari kegiatan ini untuk menjamin objektivitas pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dilakukan berdasarkan system prestasi kerja dan sistem karir yang dititikberatkan pada prestasi kerja. “Diharapkan dengan adanya lokakarya ini setiap Dosen dan Pegawai di lingkungan FIP mengetahui dan memahami SKP untuk meningkatkan kinerja melalui merencanakan target atau sasaran pekerjaan, waktu pekerjaan, penghitungan dan realisasi rencana tersebut,” tutup Dekan FIP. (Hms FIP)

LOKAKARYA. Dekan FIP, Prof. Dr. Abdula Haris Panai menyampaikan pertanyaan kepada narasumber dari Bagian Kepegawaian BAUK UNG, Ibu Robiana Laisa, S.Pd, terkait kendala dan permasalahan di lapangan dalam penerapan penilaian SKP di lingkungan FIP. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor FIP, Sabtu (16/11) pagi.

Penelitian
  • PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR oleh Nurhayati Tine \ detail
  • Pengembangan Media Pembalajaran Sains dalam Bentuk “Permainan Sulap” oleh Irvin Novita Arifin \ detail
  • Budaya Mutu Perguruan Tinggi Menuju Leading University pada Unieversitas Negeri Gorontalo oleh Arifin \ detail
  • Managing Teachers Resources for Improving Quality of Education : An Experience from Gorontalo, Indonesia oleh Arifin Suking \ detail
  • PENGUATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI MELALUI TRACER STUDI oleh Arifin Suking \ detail
  • KEEFEKTIFAN PANDUAN BIMBINGAN DAN KONSELING AKTUALISASI DIRI UNTUK KOMPETENSI GURU PEMBIMBING SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA oleh Mardia Bin Smith \ detail
  • The Implementation Of The School Principal's Enterprenurship Competence In The Management Of Educational Hotel (Edotel) In SMKN 3 Malang, Indonesia oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN INDEKS KINERJA SEKOLAH (IKS) UNTUK MENINGKATKAN SINERGITAS KEMANDIRIAN MUTU DAN INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • Pengaruh Pendekatan Ilmiah Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar oleh Meylan Saleh \ detail
  • PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA GORONTALO DALAM BERCERITA PADA SISWA KELAS V DI SDN 33 KOTA SELATAN KOTA GORONTALO oleh Dajani Suleman \ detail
Pengabdian
  • PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN KARAWO DI DESA BUMELA KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Fory Armin Naway \ detail
  • Pelatihan Softskill Siswa Melalui Kegiatan Dinamika Kelompok (Outbound) oleh Wenny Hulukati \ detail
  • Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Pakan Ternak Sapi dan Ayam di Desa Tamaila Utara Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo oleh Sukirman Rahim \ detail
  • Pemanfaatan Limbah Masyarakat Sebagai Alat Peraga Hidrostatik Pada Mata Pelajaran IPA Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Desa Dulohupa Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo oleh Gamar Abdullah \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Berbasis Kreatifitas oleh Setiyo Utoyo \ detail
  • PELATIHAN MANAJEMEN ADMINISTRASI UNTUK PENGEMBANGAN SOFTSKILL APARAT DAN MASYARAKAT DESA BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TEKHNOLOGY) DI KECAMATAN ANGGREK oleh Novianty Djafri \ detail
  • PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MISKIN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN PADA SEKTOR PENGERINGAN IKAN LAUT DI DESA KATIALADA KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA oleh Abdul Rahmat \ detail