Peningkatan Kualitas Mutu dan SDM FIP UNG

Agustus 2016, Quality Assurance dan Soft Skill merupakan bagian dari empat pilar kebijakan yang dirumuskan oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo untuk pengembangan Kampus ke depan.

Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai salah satu fakultas terbesar di Institusi ini, ditahun 2016 ini terus menunjukkan dukungan dalam mewujudkan program tersebut melalui prestasi atau capain dalam peningkatan kualitas mutu serta SDM di Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Betapa tidak, dalam hal peningkatan kualitas mutu melalui program Akselerasi akreditasi, kemarin empat jurusan yang ada di Fakultas ini melaksanakan visitasi akreditasi dan mendapatkan predikat yang sangat baik, yaitu:

  1. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini : Akreditasi B
  2. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Akreditasi B
  3. Jurusan Bimbingan dan Konseling : Akreditasi B
  4. Jurusan Manajemen Pendidikan : Akreditasi A

Sementara untuk pengembangan dan penyelasaran kapasitas SDM di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas ini juga melahirkan dua orang Guru Besar dan tiga orang Doktor.

Dua orang Guru besar baru saja dikukuhkan tanggal 29 Agustus 2016 kemarin pada Sidang Senat Terbuka, oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo (Prof. Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd), selaku Ketua Senat Universitas Negeri Gorontalo yaitu:

  1. Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd (Bimbingan dan Konseling) dan
  2. Prof. Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd (Pendidikan Luar Sekolah).

Tiga orang dosen yang meraih gelar Doktor yaitu:

  1. Drs. Usman Samatowa M.Pd, Ph. D : Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (PG-PAUD)
  2. Dr. Sukma Nurilawati Botutihe S.Psi., M.Psi - Universitas Padjadjaran Bandung (Psikologi – Bimbingan dan Konseling) dan
  3. Dr. Besse Marhawati S.Pd, M.Pd (Manajemen Pendidikan).

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd) mengungkapkan bahwa raihan prestasi ini tentunya diperoleh dari hasil kerja keras, adanya dukungan, bantuan dan kerjasama semua pihak yang ada di Fakultas Ilmu pendidikan. Selain itu juga, pastinya tidak terlepas dari adanya support dari unsur Pimpinan yang ada di tingkat Universitas.

Sudah tentu prestasi ini akan terus dipertahankan, bahkan lebih dikembangkan lagi guna keberlanjutan program studi/jurusan di Fakultas khusunya dan untuk pengembangan Universitas Negeri Gorontalo kedepan pada umumnya.

 

Penelitian
  • Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru oleh Abd. Kadim Masaong \ detail
  • Bedarfsorientierung in der Betrieblichen Weiterbildung oleh Ikhfan Haris \ detail
  • Managing Teachers Resources for Improving Quality of Education : An Experience from Gorontalo, Indonesia oleh Arifin Suking \ detail
  • The Implementation Of The School Principal's Enterprenurship Competence In The Management Of Educational Hotel (Edotel) In SMKN 3 Malang, Indonesia oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • Student Politics in Urban Ternate, North Maluku oleh Basri Amin \ detail
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN INDEKS KINERJA SEKOLAH (IKS) UNTUK MENINGKATKAN SINERGITAS KEMANDIRIAN MUTU DAN INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • KEEFEKTIFAN PANDUAN BIMBINGAN DAN KONSELING AKTUALISASI DIRI UNTUK KOMPETENSI GURU PEMBIMBING SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA oleh Mardia Bin Smith \ detail
  • Budaya Mutu Perguruan Tinggi Menuju Leading University pada Unieversitas Negeri Gorontalo oleh Arifin \ detail
  • Penerapan Total Quality Management (TQM) untuk Peningkatan Mutu Layanan Akademik Universitas Negeri Gorontralo oleh Ansar \ detail
  • PENGUATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI MELALUI TRACER STUDI oleh Arifin Suking \ detail
Pengabdian
  • PELATIHAN MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA UNTUK PENGUATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BUMELA KECAMATAN BILATO KABUPATEN GORONTALO oleh Novianty Djafri \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Berbasis Powerpoint Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Desa Sukamakmur Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo oleh Gamar Abdullah \ detail
  • PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIDANG KARYA ILMIAH (CLASSROOM ACTION RESEARCH) DENGAN AKTIF LEARNING BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR oleh Meylan Saleh \ detail
  • INOVASI PEMBELAJARAN oleh Isnanto \ detail
  • Fasilitasi Penguatan Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa pada Sekolah Dasar di Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo oleh Ikhfan Haris \ detail
  • Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Kerajinan Tangan dalam mengurangi limbah rumah tangga (sampah) di Desa Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo oleh Sukirman Rahim \ detail
  • PELATIHAN HIDDEN CURRICULUM BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA HUYULA BAGI GURU DI SDN 14 BONGOMEME DESA OWALANGA KECAMATAN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO oleh Besse Marhawati \ detail
  • PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN KARAWO DI DESA BUMELA KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Fory Armin Naway \ detail
  • Pelatihan Softskill Siswa Melalui Kegiatan Dinamika Kelompok (Outbound) oleh Wenny Hulukati \ detail
  • PEMBINAAN KARAKTER BAGI KARANG TARUNA DESA REJONEGORO MELALUI CROSS CULTURAL LEARNING (SUATU PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL) oleh Nurhayati Tine \ detail