Penelitian

           ROAD MAP PENELITIAN, PENGABDIAN DAN KEPAKARAN DOSEN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2015-2018

 

                 Fakultas Ilmu Pendidikan UNG sebagai fakultas tertua di Universitas Negeri Gorontalo mencoba menemukan jati diri kelembagaan sebagai pusat inovasi pembelajaran memandang roadmap penelitian FIP menjadi sesuatu yang strategis karena memberikan beberapa manfaat bagi, dosen, dan peneliti untuk mengembangkan kemampuan penelitian individual lebih terarah; sehingga potensi yang dimiliki dosen bisa dikembangkan sesuai dengan kepakaran yang diminati dan dicita-citakan; orientasi program studi (jurusan) juga bisa diselaraskan; sinergitas roadmap individu, prodi dan universitas bisa terbaca; serta mencetak para spesialis atau pakar di bidang yang khusus sesuai minat penelitiannya.

            Disamping itu dosen juga dituntut mau dan berkenaan melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi dari tridharma perguruan tinggi. Road map pengabdian menjadi inkubasi bagi percepatan pembangunan daerah. Tentunya daerah merasa mendapatkan manfaat yang lebih baik dari keberadaan kaum cendikiawan dan intelektual yang ada dikampus melalui kegiatan dosen melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

                   Untuk itu dibutuhkan roadmap Penelitian dan pengabdian pada masyarakat memberikan signal yang positif adanya koneksi antara isu-isu kekinian yang relevan dengan rencana aksi penelitian dan pengabdian yang akan dilaksanakan dosen. Ketepatan memformulasikan bentuk kegiatan pengabdian jelas memberikan kontribusi besar bagi pemenuhan harapan public.

Adapun tujuan dan manfaat keberadaan dokumen road map penelitian, pengabdian dan kepakaran dosen FIP UNG diharapkan menjadi;1. Rencana penelitian jangka panjang bagi dosen yang ada di lingkungan FIP UNG2. Rencana pengabdian pada masyarakat bagi dosen FIP UNG3. Rencana spesialisasi kepakaran yang ditekuni dosen FIP UNG

Sedangkan dokumen road map penelitian, pengabdian dan kepakaran dosen FIP UNG, antara lain:

  1. Menunjang penilaian standar 7 tentang penelitian, pelayanan/pengabdian pada masyarakat;
  2. Memberikan penguatan tumbuhnya budaya kompetisi yang sehat dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Memberikan arahan yang jelas tentang rencana penelitian dan pengabdian dosen FIP UNG untuk tahun 2015 masing-masing dosen satu kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, baik yang dibiayai dari hibah DP2M, PNBP, maupun mandiri. Kewajiban ini tentunya terkait dengan pembayaran remunerasi dan persiapan menghadapi akreditasi di lima jurusan (program studi) di lingkungan FIP UNG
  4. Mensosialisasikan secara terstruktur, sistematis dan massif (TSM) kepakaran dosen FIP sehingga layak diperhitungan ditingkat lokal, regional dan nasional bahkan Internasional

Download File ROAD MAP PENELITIAN, PENGABDIAN DAN KEPAKARAN DOSEN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2015-2018.

 

Temukan informasi -informasi terkait penelitian pada laman di bawah ini:

SISTEM INFORMASI PENELITIAN

 

atau Kunjungi Laman Lemlit UNG di http://lemlit.ung.ac.id/

 

 

Penelitian
  • Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru oleh Abd. Kadim Masaong \ detail
  • Bedarfsorientierung in der Betrieblichen Weiterbildung oleh Ikhfan Haris \ detail
  • Managing Teachers Resources for Improving Quality of Education : An Experience from Gorontalo, Indonesia oleh Arifin Suking \ detail
  • The Implementation Of The School Principal's Enterprenurship Competence In The Management Of Educational Hotel (Edotel) In SMKN 3 Malang, Indonesia oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • Student Politics in Urban Ternate, North Maluku oleh Basri Amin \ detail
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN INDEKS KINERJA SEKOLAH (IKS) UNTUK MENINGKATKAN SINERGITAS KEMANDIRIAN MUTU DAN INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • KEEFEKTIFAN PANDUAN BIMBINGAN DAN KONSELING AKTUALISASI DIRI UNTUK KOMPETENSI GURU PEMBIMBING SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA oleh Mardia Bin Smith \ detail
  • Budaya Mutu Perguruan Tinggi Menuju Leading University pada Unieversitas Negeri Gorontalo oleh Arifin \ detail
  • Penerapan Total Quality Management (TQM) untuk Peningkatan Mutu Layanan Akademik Universitas Negeri Gorontralo oleh Ansar \ detail
  • PENGUATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI MELALUI TRACER STUDI oleh Arifin Suking \ detail
Pengabdian
  • PELATIHAN MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA UNTUK PENGUATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BUMELA KECAMATAN BILATO KABUPATEN GORONTALO oleh Novianty Djafri \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Berbasis Powerpoint Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Desa Sukamakmur Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo oleh Gamar Abdullah \ detail
  • PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIDANG KARYA ILMIAH (CLASSROOM ACTION RESEARCH) DENGAN AKTIF LEARNING BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR oleh Meylan Saleh \ detail
  • INOVASI PEMBELAJARAN oleh Isnanto \ detail
  • Fasilitasi Penguatan Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa pada Sekolah Dasar di Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo oleh Ikhfan Haris \ detail
  • Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Kerajinan Tangan dalam mengurangi limbah rumah tangga (sampah) di Desa Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo oleh Sukirman Rahim \ detail
  • PELATIHAN HIDDEN CURRICULUM BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA HUYULA BAGI GURU DI SDN 14 BONGOMEME DESA OWALANGA KECAMATAN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO oleh Besse Marhawati \ detail
  • PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN KARAWO DI DESA BUMELA KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Fory Armin Naway \ detail
  • Pelatihan Softskill Siswa Melalui Kegiatan Dinamika Kelompok (Outbound) oleh Wenny Hulukati \ detail
  • PEMBINAAN KARAKTER BAGI KARANG TARUNA DESA REJONEGORO MELALUI CROSS CULTURAL LEARNING (SUATU PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL) oleh Nurhayati Tine \ detail