BudayaKerja

NILAI-NILAI BUDAYA KERJA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Sebagai kelanjutan pengembangan kampus UNG, saat ini dilakukan program akselarasi dengan perubahan visi UNG 2035 menjadi “leading university dalam pengembangan budaya dan inovasi berbasis potensi regional”. Perubahan organisasi dan pengokohan kampus UNG menjadi kampus budaya seperti juga harapan project IDB merupakan tantangan sekaligus peluang yang harus dijawab dengan bijaksana.

Turunan dari perubahan visi UNG 2035 di atas, Fakultas Ilmu Pendidikan UNG juga sudah bergerak akselaratif mengikuti irama dan denyut nadi organisasi dengan melakukan penyesesuain visi FIP UNG menjadi fakultas Pelopor Inovasi Pendidikan Bermartabat dan Kompetitif. Untuk membangun sinergitas harapan dan impian masa depan UNG dan FIP UNG yang lebih gemilang tentu harus didukung sumber daya manusia yang mumpuni dari kompetensi dan perilaku kerja sumber daya manusia yang memiliki nilai-nilai berbasis budaya. Dalam bahasa yang lebih sederhana dikenal dengan sumber daya manusia yang memiliki nilai-nilai budaya kerja.

Sumber daya manusia UNG yang dikenal juga sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pengemban amanat sebagai Aparatur Negara atau Abdi Negara yang harus memiliki pelayanan secara adil dan berkualitas kepada stakeholder UNG, dilandasi dengan kesetiaan dan ketaatan pada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Karena UNG merupakan penyelenggaraan kegiatan organisasi pemerintah, tentunya eksistensi mereka sangatlah penting, terutama untuk mencapai tujuan institusi UNG. Keberhasilan kerjanya didukung dari perilaku pegawai (Sumber daya manusia) yang ada. Tangkilisan (2002:25) menyatakan bahwa unsur manusia merupakan unsur penting, karena manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap organisasi. Manusia adalah perencana, pelaku sekaligus penentu terwujudnya tujuan organisasi

Termasuk di Fakultas Ilmu Pendidikan UNG sebagai institusi pemerintah, banyak variabel yang sulit untuk didefenisikan atau dijelaskan secara tepat dengan presisi tinggi untuk menggenjot kinerja maksimal dari sumber daya manusia yang berkiprah di dalamnya. Variabel itu yang sering orang dikenal dengan budaya kerja, karena disini orang bekerja dari latar belakang budaya yang hetorogen. Seperti dari suatu suku atau komunitas memiliki larangan dan kewajiban yang ditaati oleh setiap warganya. Budaya kerja organisasi juga diwajibkan untuk menaati guna mencapai tujuan dan mimpi besar ke depannya.

Dalam hal ini FIP UNG mencoba mengidentifikasi nilai-nilai budaya kerja yang akan mendorong akselarasi visi dan misi UNG dan harapan FIP UNG ke depannya

 

Undul file Full Nilai-nilai Budaya Kerja FIP UNG

Penelitian
  • Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru oleh Abd. Kadim Masaong \ detail
  • Bedarfsorientierung in der Betrieblichen Weiterbildung oleh Ikhfan Haris \ detail
  • Managing Teachers Resources for Improving Quality of Education : An Experience from Gorontalo, Indonesia oleh Arifin Suking \ detail
  • The Implementation Of The School Principal's Enterprenurship Competence In The Management Of Educational Hotel (Edotel) In SMKN 3 Malang, Indonesia oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • Student Politics in Urban Ternate, North Maluku oleh Basri Amin \ detail
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN INDEKS KINERJA SEKOLAH (IKS) UNTUK MENINGKATKAN SINERGITAS KEMANDIRIAN MUTU DAN INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • KEEFEKTIFAN PANDUAN BIMBINGAN DAN KONSELING AKTUALISASI DIRI UNTUK KOMPETENSI GURU PEMBIMBING SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA oleh Mardia Bin Smith \ detail
  • Budaya Mutu Perguruan Tinggi Menuju Leading University pada Unieversitas Negeri Gorontalo oleh Arifin \ detail
  • Penerapan Total Quality Management (TQM) untuk Peningkatan Mutu Layanan Akademik Universitas Negeri Gorontralo oleh Ansar \ detail
  • PENGUATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI MELALUI TRACER STUDI oleh Arifin Suking \ detail
Pengabdian
  • PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN KARAWO DI DESA BUMELA KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Fory Armin Naway \ detail
  • Pelatihan Softskill Siswa Melalui Kegiatan Dinamika Kelompok (Outbound) oleh Wenny Hulukati \ detail
  • PEMBINAAN KARAKTER BAGI KARANG TARUNA DESA REJONEGORO MELALUI CROSS CULTURAL LEARNING (SUATU PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL) oleh Nurhayati Tine \ detail
  • Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Pakan Ternak Sapi dan Ayam di Desa Tamaila Utara Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo oleh Sukirman Rahim \ detail
  • Fasilitasi dan Pendampingan Sekolah Dalam Pengelolaan Data Induk Administrasi Kelas (SD Gugus I Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo) oleh Ikhfan Haris \ detail
  • PENERAPAN MODEL FASILITASI BELAJAR PADA SENTRA KERAJINAN ATAP RUMBIA MELALUI PELATIHAN PENGELOLAAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BUHUTA WALAMA LO TIHEDU DI DESA BINA JAYA KECAMATAN TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO oleh Abdul Rahmat \ detail
  • Pemanfaatan Limbah Masyarakat Sebagai Alat Peraga Hidrostatik Pada Mata Pelajaran IPA Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Desa Dulohupa Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo oleh Gamar Abdullah \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Berbasis Kreatifitas oleh Setiyo Utoyo \ detail
  • PELATIHAN MANAJEMEN ADMINISTRASI UNTUK PENGEMBANGAN SOFTSKILL APARAT DAN MASYARAKAT DESA BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TEKHNOLOGY) DI KECAMATAN ANGGREK oleh Novianty Djafri \ detail
  • PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MISKIN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN PADA SEKTOR PENGERINGAN IKAN LAUT DI DESA KATIALADA KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA oleh Abdul Rahmat \ detail