Renstra

RENCANA STRATEGIS DAN RENCANA KERJA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2015 – 2018

Keseluruhan tantangan yang melanda dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi untuk berperan dan mengambil inisiatif memberikan respon yang diperlukan guna menyelamatkan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) perlu tampil dengan kekuatan ilmu pendidikan untuk menjadi solusi terbaik dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter

Keberadaan FIP dalam sistem pendidikan nasional dianggap belum mampu memenuhi harapan dunia pendidikan. Pendidikan tanpa ilmu pendidikan (PENTIP) merupakan fenomena core ilmu pendidikan belum mampu memberi corak pendidikan pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. PENTIP ini diduga menjadi penyebab kegagalan pendidikan dalam membentuk anak didik yang berkarakter.

Kegagalan FIP dalam memainkan peranan penting dalam menciptakan pendidikan dengan ilmu pendidikan (PENDIP) tidak terlepas dari perkembangan FIP yang dianggap masih tradisional dan lambat. Berbagai permasalahan mendasar yang dihadapi Fakultas Ilmu Pendidikan, yaitu manajemen kelembagaan lemah, profesionalisme SDM lemah, pimpinan lemah, dan infrastruktur yang tidak memadai. Akibatnya, FIP kurang memiliki daya gerak dan daya respons yang tinggi dan kemampuan untuk memberikan layanan yang efisien dan efektif, sebab semua aspek kelembagaan belum tumbuh dengan kecepatan yang diharapkan. Kesadaran daya juang, semangat kerja untuk berkarya dan berprestasi masih kecil dan perlu dikobarkan sehingga apinya menyala dengan besar dan menyinari seluruh lingkungan untuk memacu daya gerak, daya juang, dan kemauan bekerja untuk membangun kemampuan bersaing tumbuh dan dinamis.

Solusi dari permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan FIP UNG kedepan perlu dituangkan dalam bentuk rencana strategis. Rencana strategis disusun berdasarkan analisis lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan analisis lingkungan eksternal (peluang dan tantangan) dengan memperhatikan isu-isu strategis pendidikan.

Unduh file Renstra dan Renja FIP UNG

Penelitian
  • Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru oleh Abd. Kadim Masaong \ detail
  • Bedarfsorientierung in der Betrieblichen Weiterbildung oleh Ikhfan Haris \ detail
  • Managing Teachers Resources for Improving Quality of Education : An Experience from Gorontalo, Indonesia oleh Arifin Suking \ detail
  • The Implementation Of The School Principal's Enterprenurship Competence In The Management Of Educational Hotel (Edotel) In SMKN 3 Malang, Indonesia oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • Student Politics in Urban Ternate, North Maluku oleh Basri Amin \ detail
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN INDEKS KINERJA SEKOLAH (IKS) UNTUK MENINGKATKAN SINERGITAS KEMANDIRIAN MUTU DAN INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH oleh Sitti Roskina Mas \ detail
  • KEEFEKTIFAN PANDUAN BIMBINGAN DAN KONSELING AKTUALISASI DIRI UNTUK KOMPETENSI GURU PEMBIMBING SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA oleh Mardia Bin Smith \ detail
  • Budaya Mutu Perguruan Tinggi Menuju Leading University pada Unieversitas Negeri Gorontalo oleh Arifin \ detail
  • Penerapan Total Quality Management (TQM) untuk Peningkatan Mutu Layanan Akademik Universitas Negeri Gorontralo oleh Ansar \ detail
  • PENGUATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI MELALUI TRACER STUDI oleh Arifin Suking \ detail
Pengabdian
  • PELATIHAN MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA UNTUK PENGUATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BUMELA KECAMATAN BILATO KABUPATEN GORONTALO oleh Novianty Djafri \ detail
  • Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Berbasis Powerpoint Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Desa Sukamakmur Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo oleh Gamar Abdullah \ detail
  • PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIDANG KARYA ILMIAH (CLASSROOM ACTION RESEARCH) DENGAN AKTIF LEARNING BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR oleh Meylan Saleh \ detail
  • INOVASI PEMBELAJARAN oleh Isnanto \ detail
  • Fasilitasi Penguatan Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa pada Sekolah Dasar di Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo oleh Ikhfan Haris \ detail
  • Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Kerajinan Tangan dalam mengurangi limbah rumah tangga (sampah) di Desa Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo oleh Sukirman Rahim \ detail
  • PELATIHAN HIDDEN CURRICULUM BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA HUYULA BAGI GURU DI SDN 14 BONGOMEME DESA OWALANGA KECAMATAN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO oleh Besse Marhawati \ detail
  • PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PENGRAJIN KARAWO DI DESA BUMELA KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO oleh Fory Armin Naway \ detail
  • Pelatihan Softskill Siswa Melalui Kegiatan Dinamika Kelompok (Outbound) oleh Wenny Hulukati \ detail
  • PEMBINAAN KARAKTER BAGI KARANG TARUNA DESA REJONEGORO MELALUI CROSS CULTURAL LEARNING (SUATU PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL) oleh Nurhayati Tine \ detail