fip.ung.ac.id, Gorontalo – Ketua Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo mengharapkan, melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ini peran dan fungsi organisasi mahasiswa (Ormawa) HMJ PGPAUD FIP UNG agar terus dioptimalkan.

Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Basic Leadership atau Latihan Dasar Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh HMJ PGPAUD FIP UNG pada hari Kamis s.d Sabtu tanggal 28-30 Oktober 2022 yang bertempat di Gedung Serba Guna Desa Duwano Kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango.

Ketua Jurusan PGPAUD FIP UNG Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, mahasiswa sebagai agen perubahan sangat dibutuhkan di semua kehidupan, baik dalam lingkungan kampus maupun masyarakat. Serta menjunjung tinggi perubahan yang sangat didominasi oleh mahasiswa dengan kemampuan intelektualnya, dan mampu memberikan solusi terhadap sebuah reformasi disegala bidang.

“Dengan demikian, peran dan fungsi mahasiswa ini harus terus di optimalkan melalui berbagai kegiatan baik pengembangan intelektual maupun pengembangan potensi kreatifitas, serta melalui keikutsertaannya dalam oraganisasi kemahasiswaan baik intra maupun ekstra kampus,” ujar Utoyo.

Utoyo menjelaskan, mahasiswa merupakan aset bangsa yang perlu di bina dan di kembangkan. Sebagai generasi muda, kelangsungan suatu bangsa untuk masa yang akan datang sangat tergantung kepada mahasiswa yang ada saat ini.

“Oleh karna itu, mahasiswa perlu di bekali dengan pemahaman tentang lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur dalam perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan. Mahasiswa sebagai agent of changes merupakan pioner dan tonggak dari sebuah perubahan,” ucap Utoyo.

Dirinya berharap, agar mahasiswa mampu menjadi penerus bangsa yang merubah wajah dunia nantinya. Mahasiswa adalah kaum intelektual yang mampu berfikir kritis terhadap segala permasalahan-permasalahan yang tengah ada. Mahasiswa juga berkaitan erat dengan organisasi dan keterampilan. (NK)

Leave a Comment