FIP UNG — Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo menyelenggarakan Workshop Kurikulum pada 15–16 November 2025 bertempat di Villa Lonua, Gorontalo. Kegiatan bertajuk “Menjalin Kehangatan Mewujudkan Inovasi Unggul Keilmuan: Sinergi Keluarga Jurusan PGPAUD Menuju Kurikulum yang Berkualitas dan Berdampak” ini diikuti oleh para dosen, tenaga kependidikan, dan sivitas akademika PGPAUD.
Workshop turut dihadiri oleh Wakil Dekan I FIP UNG, Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd., M.Pd., MCE., CFH., Psy., CSHT., Ketua Jurusan PGPAUD, Rapi Us. Djuko, M.Pd., serta Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran UNG, Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd., M.Si., yang hadir sebagai pemateri. Kegiatan hari pertama diisi dengan sesi workshop, sedangkan hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan outbound sebagai bagian dari rangkaian family gathering.
Penguatan Kurikulum dan Persiapan Program RPL
Dalam sambutannya, Ketua Jurusan PGPAUD, Rapi Us. Djuko, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini dikemas dalam suasana kebersamaan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengantarkan Prodi PGPAUD meraih akreditasi unggul. Ia menegaskan bahwa jurusan kini tengah mempersiapkan diri menghadapi implementasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai program baru yang akan mendorong pengembangan kualitas jurusan.
“Beberapa instansi telah menyatakan ketertarikan untuk bekerja sama dalam peningkatan kualifikasi dan kompetensi lulusan. Kegiatan ini menjadi langkah awal untuk memperkuat kesiapan jurusan dalam menyambut program RPL,” ujarnya.
Pembukaan oleh Wakil Dekan I
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I, Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd., M.Pd., MCE., CFH., Psy., CSHT., yang dalam sambutannya menegaskan bahwa program RPL merupakan salah satu program yang sangat dinantikan, terutama oleh para pendidik di Gorontalo maupun di luar daerah.
“Sudah banyak guru PAUD dan alumni yang menantikan RPL PGPAUD. Semoga melalui workshop ini, paradigma kita terbuka dan kurikulum dapat segera diselesaikan dan disubmit, sehingga tahun depan PGPAUD dapat menyelenggarakan RPL,” ungkapnya sebelum meresmikan pembukaan kegiatan.
Penguatan Pemahaman RPL oleh Narasumber
Pada sesi materi, Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd., M.Si., menyampaikan penguatan konsep RPL dan arah kebijakan terbaru. Ia menjelaskan bahwa program RPL merupakan upaya strategis Kementerian untuk peningkatan kompetensi pendidik dan aparatur, sekaligus wujud implementasi prinsip belajar sepanjang hayat.
“InsyaAllah PAUD pada tahun 2026 sudah dapat mulai menerima peserta RPL. Mulai tahun 2025, prodi seperti PAUD, BK, PGSD, Penjas, dan vokasi memperoleh keuntungan karena peserta RPL yang direkrut akan memperoleh beasiswa,” jelasnya.
Beliau menegaskan bahwa RPL bukanlah “jalan pintas” untuk memperoleh ijazah, tetapi sebuah mekanisme akademik yang tetap berpijak pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada jenjang S1, skema RPL terdiri dari dua bentuk, yakni transfer kredit dan perolehan kredit.
Kegiatan workshop dan family gathering ini diharapkan dapat memperkuat sinergi internal keluarga besar PGPAUD FIP UNG sekaligus memperkokoh kesiapan jurusan dalam menjalankan inovasi kurikulum dan program RPL pada tahun mendatang.









