FIP UNG

How to Become Succesful Influencer, Jurusan Manajemen Pendidikan FIP UNG Laksanakan Workshop Conten Creator Marketing

fip.ung.ac.id, Gorontalo – Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan (MP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (FIP UNG) angkatan 2021/2022 sukses melaksanakan workshop conten creator marketing dengan tema “how to become succesful influencer” yang berlangsung di gedung Auditorium Mesjid Darul Arqam pada hari Ahad, 12 Mei 2024.

Prof. Dr. Sitti Roskina Mas, M.Pd., M.M mengatakan, kegiatan workshop ini hasil dari tugas akhir mata kuliah Pemasaran Diklat yang berbentuk project yang diampunya bersama Dr. Arifin, M.Pd. Pelatihan ini sangat penting disebar luaskan kepada GEN Z karena era digital seperti saat ini, sudah tidak asing lagi bahwa informasi dan berbagai macam konten bertebaran di media sosial.

”Mulai dari tulisan yang dituangkan dalam bentuk blog, video, ataupun kombinasi dari keduanya. Adanya berbagai macam konten tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah konten yang menarik, sehingga memberikan feedback bagi dirinya sendiri”

”Ada banyak usaha yang dapat dilakukan mahasiswa untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui konten tersebut, salah satunya menjadi content creator. Content creator merupakan seseorang yang mampu menciptakan konten menarik. Content creator sendiri bisa seorang penulis, ilustrator, fotografer, ataupun editor,” ucap Sitti Roskina Mas kepada Humas FIP, Senin (13/05/2024).

Lebih lanjut, dosen pengampu mata kuliah pemasaran diklat, Dr. Arifin, M.Pd menyampaikan, bahwa menjadi seorang content creator merupakan salah satu keahlian yang dapat ditekuni mahasiswa untuk meraup pundi-pundi dengan cara yang mudah, dan bisa dilakukan dari mana saja maupun dirumah saja.

”Dengan bermodalkan gawai dan kuota, mahasiswa dapat mengaktualisasikan kreativitas tanpa batas. Ditambah lagi dengan aplikasi pendukung untuk membuat konten, mempermudah langkah mahasiswa untuk menciptakan sebuah karya berbasis digital“

Content creator orang yang membuat konten, baik konten edukatif maupun menghibur, sesuai dengan keinginan audiens. Konten yang dibuat oleh content creator bisa macam-macam, bisa berupa foto, video, podcasttulisandigital art, dan sebagainya. Kontennya bisa dibagikan melalui media sosial yang sesuai, bisa melalui YouTube, X (dulu Twitter), TikTok, Instagram, Facebook, atau blog,“ ujar Arifin.

Ketua Jurusan MP FIP UNG itu mengatakan, content creator bisa jadi pekerjaan tetap atau pekerjaan sampingan. Kamu bisa bekerja di perusahaan atau agensi komunikasi sebagai content creator. Akan tetapi, kalau kamu enggak suka rutinitas dan lebih suka kerja sendiri, kamu juga bisa bekerja sendiri atau self-employed.

”Dalam dunia digital marketing, content creator memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan konten yang berkualitas dan relevan untuk menarik perhatian calon pelanggan atau pembaca. Namun, tugas dan tanggung jawab seorang content creator tidak hanya sebatas membuat konten saja,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan workshop Randi Rumampuk mengatakan, tujuan umum dari kegiatan ini adalah diharapkan peserta dapat memiliki pengetahuan yang komprehensif, keterampilan praktis, dan wawasan strategis yang diperlukan untuk berhasil dalam industri content creator marketing dan menjadi influencer yang sukses.

“Tujuan khususnya dari beberapa fokus spesifik yang inign dicapai adalah: (1) peserta akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang dinamika industri pemasaran konten dan peran influencer di dalamnya; (2) peserta memahami jenis konten yang efektif, teknik storytelling, penggunaan multimedia, dan penjadwalan konten; (3) membantu peserta dalam memahami bagaimana membangun merek pribadi yang kuat sebagai seorang influencer“

“(4) Peserta memiliki  keterampilan praktis dalam manajemen media sosial, termasuk penggunaan platform-platform utama, analisis kinerja, dan interaksi dengan audiens; (5) Peserta dapat memiliki keterampilan kerjasama dengan merek; (6) peserta dapat memiliki keterampilan  monetesasi konten; (7) peserta dapat memiliki nilai etika dan tanggung jawab yang baik; dan (8) peserta dapat melakukan atau dapat melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja dengan baik“

“Untuk mencapai tujuan kegiatan ini narasumber Kak Rijal Djamal tidak hanya menyajikan teori tetapi disertai dengan contoh-contoh praktik baik dari conten, Kak Ridjal yang pernah viral sampai mendapatkan berjuta-juta pemirsa dan follower sekarang. Para peserta sangat antusias mengikuti workshop ini karena juga diajarkan praktik langsung membuat content yang bisa POV (Poin of View),” pungkasnya